Bagikan:

YOGYAKARTA – Seseorang dengan psoriasis, memiliki peluang lebih besar mengalami masalah kesehatan lainnya. Bukan berarti orang tanpa psoriasis tidak mengalami masalah kesehatan. Tetapi sebagai referensi dan pencegahan terhadap hal yang tak diinginkan, penting bagi penderita psoriasis untuk menjalani gaya hidup sehat, menjalani pengobatan yang dibutuhkan, dan menurunkan kemungkinan masalah terkait. Untuk itu, kenali masalah kesehatan apa saja terkait dengan psoriasis.

1. Arthritis psoriasis

Jenis arthritis yang satu ini, dirasakan gejalanya ketika persendian terasa sakit, kaku, dan bengkak. Arthritis psoriasis bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang. Maka penting mendeteksinya sejak dini dan mendapatkan perawatan yang pas.

2. Penyakit jantung

Psoriasis membuat seseorang berpeluang terkena serangan jantung dan stroke. Ini karena peradangan dapat merusak pembuluh darah yang menuju jantung dan otak. Demi jantung, penting menjaga tekanan darah dan kolesterol, serta berhenti merokok. Cobalah untuk olahraga setiap hari, makan makanan sehat, kerjasama dengan dokter untuk mengendalikan gejala pada kulit dan meredakan peradangan.

masalah kesehatan yang terkait dengan psoriasis
Ilustrasi masalah kesehatan yang terkait dengan psoriasis (Freepik)

3. Depresi

Seseorang dengan psoriasis dua kali lebih mungkin mengalami depresi dibandingkan seseorang yang tidak memiliki masalah kulit. Para ilmuwan berpendapat, peradangan yang sama juga menyebabkan penyakit mental ini. Melansir WebMD, Senin, 24 Juni, tantangan hidup dengan penyakit yang sedang berlangsung juga dapat membuat seseorang putus asa. Maka jika merasa sedih atau putus asa, penting mencari bantuan agar merasa lebih baik.

4. Diabetes tipe 2

Peradangan membuat sel kulit menyerap gula dari apa yang Anda makan. Gula lebih menumpuk di darah, sehingga menyebabkan diabetes. Penderita psoriasis untuk meminimalisir mengalami diabetes tipe 2, turunkan berat badan ekstra, olahraga secara teratur, dan mengonsumsi makanan berserat tinggi.

5. Sindrom metabolik

Terkadang masalah kesehatan, seperti diabetes, lemak perut, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi yang terjadi bersamaan disebut sindrom metabolik. Ini menyusahkan jantung dan bisa membuat serangan jantung serta stroke. Maka penting untuk konsultasi dokter dan periksa secara rutin. Sama pentingnya dengan menjalani pola hidup sehat.

6. Uveitis

Psoriasis ada kemungkinan meningkatkan peluang penderitanya terkena masalah mata, atau disebut uveitis. Uveitis adalah peradangan di dalam mata yang menyebabkan gejala seperti mata kemerahan, penglihatan kabur, dan sensitive terhadap cahaya. Beberapa jenis uveitis dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

7. Penyakit ginjal

Psoriasis parah dapat memengaruhi ginjal. Setidaknya, itu yang ditemukan dalam sebagian besar laporan penelitian. Orang dengan psoriasis 3 persen dari tubuhnya, tidak mengalami masalah.

Beberapa obat dapat membahayakan ginjal. Maka karena itu belum diketahui secara pasti kaitan antara psoriasis dan penyakit ginjal. Perlu pula diidentifikasi pergelangan kaki bengkak, kelelahan, dan buang air kecil lebih dari biasanya.

8. Osteoporosis

Psoriasis juga berkaitan dengan masalah pada tulang, atau osteoporosis. Seiring bertambahnya usia, tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Sebagian besar peneltiian belum menemukan kaitannya dengan psoriasis. Tetapi penting dicatat, olahraga menahan beban atau jalan kaki dan jogging setiap hari membantu menjaga kekuatan tulang. Dapatkan pula vitamin D dan kalsium.

Itulah kedelapan masalah kesehatan yang dikaitkan dengan psoriasis. Penting sekali menjaga kesehatan terlepas Anda dengan psoriasis atau tidak. Pasalnya hanya dengan menjalani pola hidup sehat, tubuh akan sehat sepanjang usia.