Bagikan:

YOGYAKARTA – Kue yang harusnya bertekstur lembut, seperti kue bolu, tak menutup kemungkinan terasa terlalu kering. Selain mungkin karena resepnya memang menghasilkan kue bertekstur kering, bisa juga karena alasan berikut ini kue hasil baking bertekstur terlalu kering.

1. Terlalu banyak tepung

Dalam mengukur jumlah tepung, baiknya memakai timbangan sehingga bisa presisi sesuai resep. Kalau Anda menggunakan cangkir atau gelas ukur sebagai takaran, tepung perlu dipadatkan. Karena makanan apapun yang dipanggang, terutama kue, dengan terlalu banyak tepung akan menjadi kering, keras, dan rapuh.

2. Mengganti tepung berbeda

Beberapa bahan dalam resep membuat kue, bisa diganti. Tetapi tidak dengan tepung. Kalau resepnya membutuhkan tepung terigu, tetapi Anda menggantinya dengan tepung serbaguna, mungkin akan memengaruhi hasil baking Anda. Termasuk membuat kue bolu buatan di rumah terasa kering.

alasan hasil baking kue bertekstur terlalu kering
Ilustrasi alasan hasil baking kue bertekstur terlalu kering (Freepik/Lifestylememory)

3. Memakai mentega sebagai pengganti minyak sayur

Mentega memberikan rasa yang luar biasa tetapi juga mengandung lemak 20 persen lebih sedikit dibandingkan minyak sayur. Lemak merupakan pembuat tekstur kue empuk dan lembut. Nah, kalau mengganti lemak pada minyak sayur dengan mentega, tentu harus ditakar sesuai supaya tekstur kue seperti yang diharapkan.

4. Overbaking memakai loyang logam

Saat baking, ikuti betul resep dan anjuran waktu dalam memanggang kue. Pastikan juga alat yang Anda pakai, termasuk jenis bahan loyang. Untuk loyang logam warna gelap akan membutuhkan waktu panggang lebih singkat dibanding loyang kaca atau periuk warna terang. Maka, kue hasil baking bisa bertekstur kering berkaitan dengan jenis loyang serta lamanya memanggang.

alasan hasil baking kue bertekstur terlalu kering
Ilustrasi alasan hasil baking kue bertekstur terlalu kering (Freepik/krakenimages.com)

5. Suhu oven tidak tepat

Sebelum mulai memanggang kue, oven perlu dipanaskan dulu. Lalu 20 menit kemudian geser suhu sesuai resep berapa panasnya oven saat memanggang. Memanggang kue dalam oven yang terlalu panas dalam waktu yang disarankan akan mengeringkannya. Dan memanggang kue dalam oven yang tidak cukup panas akan mengeringkan kulitnya sebelum bagian tengahnya matang sepenuhnya. Untuk hasil terbaik, periksa suhu oven sebelum memuat kue Anda, lalu pantau setiap 10 menit atau lebih selama proses pemanggangan, lakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

6. Kue dipanggang terlalu lama

Kalau resep tertulis bahwa kue harus dipanggang selama 25-30 menit, ikuti waktu tersebut. Mulailah memeriksa hasil panggangan setelah berjalan 20 menit. Melansir King Arthur Baking, Selasa, 9 Juli, jauh lebih baik memasukkan kembali kue yang belum matang selama 5 menit lagi daripada mengatur kembali waktu selama 10 menit. Karena terlalu lama kue dipanggang, akan mendapatkan hasil lebih kering. Sialnya, kue bolu misalnya, jika terlalu kering tidak akan mendapatkan hasil yang nikmat kecuali untuk resep bolu gulung yang akan ditambahkan krim ditengahnya.

7. Kue disimpan di lemari es

Jangan menyimpan kue dalam lemari es jangka waktu yang lama kecuali kur tersebut memiliki topping atau isian yang perlu didinginkan. Misalnya krim kocok, custard, dan sejenisnya. Kue Anda yang sangat lembab, tidak peduli seberapa baik dibungkusnya, akan mulai mengering setelah seharian disimpan di lemari es.

Di atas adalah penjelasan kenapa kue hasil baking bertekstur terlalu kering. Kalau Anda baru saja menekuni hobi baking, referensi di atas perlu diperhatikan. Perhatikan pula resep serta anjuran dalam memanggang atau memperlakukan kue setelah dipanggang.