Bagikan:

YOGYAKARTA - Rakun dan musang kerap kali dianggap sama, padahal walaupun mereka sama-sama dari genus mamalia, namun mereka itu berbeda loh! Yuk kenali seperti apa perbedaan rakun dan musang di bawah ini!

Walaupun keduanya kerap kali nampak serupa sebab ukuran serta habitatnya, rakun dan musang mempunyai banyak perbedaan mendasar yang membuat mereka unik.

Untuk mengetahui perbedaan rakun serta musang yang gampang kelihatan, ikuti pembahasannya di sini.

Perbedaan Rakun dan Musang

Berikut merupakan beberapa perbedaan rakun serta musang yang paling gampang kelihatan.

I. Perilaku dan Kebiasaan

Rakun diketahui pintar serta mempunyai kemampuan manipulatif yang baik dengan cakar depannya. Mereka kerap nampak mencuci makanan di air saat sebelum memakannya.

Musang umumnya lebih soliter serta nokturnal, dengan sikap yang bervariasi bergantung spesiesnya, namun biasanya lebih pemalu serta cenderung menjauhi interaksi dengan manusia.

Rakun (Gambar ennif pendahl-Unsplash)
Rakun (Gambar ennif pendahl-Unsplash)

II. Peran Ekologis

Rakun berfungsi selaku pemulung yang menolong membersihkan lingkungan dari sisa makanan serta bangkai, dan mengendalikan populasi serangga serta hewan kecil yang lain.

Musang pula berfungsi dalam mengendalikan populasi serangga serta hewan pengerat, dan menolong penyebaran biji dan penyerbukan untuk sebagian spesies tumbuhan.

III. Interaksi dengan Manusia

Rakun kerap berhubungan dengan manusia, lebih-lebih di wilayah perkotaan, di mana mereka dapat jadi hama sebab kebiasaan mereka mencari makanan di tempat sampah.

Musang umumnya mempunyai interaksi terbatas dengan manusia, namun beberapa spesies bisa jadi hama di perkebunan ataupun peternakan unggas.

IV. Klasifikasi dan Keluarga

Rakun termasuk dalam keluarga Procyonidae, yang membuat mereka lebih dekat secara evolusi dengan hewan semacam kinkajou serta coati.

Musang, tergantung pada spesiesnya, termasuk dalam keluarga Viverridae ataupun Herpestidae, yang juga mencakup luwak serta mongoos.

V. Penampilan Fisik

Rakun mempunyai badan berukuran sedang dengan bulu abu-abu kecokelatan, serta karakteristik khasnya yaitu “topeng” hitam di dekat mata dan ekor dengan cincin-cincin hitam.

Musang, kebalikannya, mempunyai badan yang lebih ramping serta panjang dengan bermacam warna bulu seperti cokelat, abu-abu, ataupun gelap, serta kerap kali dengan pola garis-garis ataupun bintik-bintik.

VI. Habitat dan Distribusi

Rakun hidup di bermacam habitat, termasuk hutan, wilayah perairan, serta bahkan perkotaan. Mereka merupakan hewan asli dari daratan Amerika Utara.

Musang mempunyai habitat yang bervariasi bergantung spesiesnya, dari hutan tropis Asia sampai padang rumput Afrika mempunyai tipe musang khas tertentu.

VII. Kebiasaan Makan

Rakun merupakan omnivora yang memakan berbagai tipe makanan semacam serangga, ikan, buah-buahan, serta sisa masakan manusia.

Mereka populer sebab kecerdikannya dalam mencari makanan. Musang pula omnivora dengan diet yang lebih bervariasi, termasuk buah, serangga, tikus, burung, serta telur.

Selain itu “Heboh Musang Liar Terindikasi Rabies di Cipayung Jaktim”.

Jadi setelah mengetahui macam-macam perbedaan rakun dan musang, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!