Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi pemilik kulit sensitif, menggunakan parfum memang cukup menyiksa padahal penggunaan pewangi tersebut sudah jadi gaya hidup. Jika tak hati-hati parfum akan memicu ruam merah yang rasanya gatal hingga panas. Jika Anda mengalami hal demikian disarankan untuk menyimak cara aman pakai parfum untuk kulit sensitif.

Memperhatikan cara pemakaian parfum pada kulit yang sensitif akan memeperkecil efek negatif dari kondisi tersebut.

Cara Aman Pakai Parfum untuk Kulit Sensitif

Orang dengan kulit sensitif wajib memperhatikan beberapa tips menyemprotkan parfum berikut ini agar tak terjadi masalah kulit.

  1. Pilih Parfum Tanpa Alkohol

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih parfum non-alkohol. Pasalnya, alkohol ini yang kadang jadi biang kerok munculnya ruam merah pada kulit. Disarankan bagi pemilik kulit sensitif untuk memilih parfum bahan dasar minyak atau wax perfume.

Namun jika kondisi tersebut tidak berpengaruh, disarankan untuk melakukan tes reaksi alergi agar tahu kandungan apa saja yang memicu alergi. Selain itu disarankan pula untuk mengetahui tanda-tanda alergi parfum.

  1. Hindari Parfum Berbahan Kimia yang Berlebih

Kandungan bahan kimia pada parfum tidak hanya berupa alkohol namun teradapat bahan lain seperti pewarna sintetis. Disarankan untuk tidak memilih parfum seperti ini bagi pemilik kulit sensitif.

  1. Utamakan Parfum Berbahan Alami

Saat ini sudah banyak parfum yang kandungannya diambil dari bahan-bahan organik misalnya minyak esensial, ekstrak tanaman atau bunga, dan sebagainya. Bahan ini relatif aman untuk kulit sensitif.

  1. Pakai Body Lotion untuk Pelapis

Cara ini dilakukan agar alkohol tak benar-benar menyentuh kulit Anda. Sebelum menggunakan parfum disarankan untuk mengoleskan body lotion ke area tubuh yang ingin disemprotkan parfum. Lotion ini dimaksudkan sebagai lapisan pelindung. Selain itu lotion akan membuat kulit lebih lembap sehingga aroma parfum lebih tahan lama.

  1. Semprotkan di Tubuh yang Tak Sensitif

Biasanya tingkat sensitivitas tiap anggota tubuh berbeda-beda. Penting untuk mengetahui area tubuh mana yang tidak sensitif sehingga penyemprotan parfum bisa diarahkan ke titik tersebut.

  1. Semprotkan ke Baju

Menyemprotkan parfum ke baju jadi cara yang paling aman untuk pemilik kulit sensitif. Biasanya penyemprotan dilakukan di kerah, ketiak, atau titik yang tidak bersinggungan langsung dengan kulit. Anda juga bisa menyemprotkan parfum dengan cara menyemprotkan dari jarak sedikit jauh sehingga yang akan menempel adalah kabut air halus.

  1. Pilih Parfum Original

Hindari parfum non original karena ketahanan wangi parfum ini tidak terlalu lama. Pemakai harus menyemprotkan parfum beberapa kali dalam sehari. Kondisi itu cukup mengganggu terutama bagi pemilik kulit sensitif. Berbeda dengan parfum original yang cukup menyemportkannya sehari sekali namun wanginya bisa bertahan sehari penuh.

Itulah beberapa cara aman pakai parfum untuk kulit sensitif. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.