Apa Saja Manfaat Buah Blueberry untuk Kulit?
Ilustrasi (Brigitte Tohm/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kita semua pasti sudah mengenal buah blueberry. Buah bercita rasa asam segar ini biasa dijadikan tambahan smoothies atau dicampur ke dalam sereal, oatmeal, atau topping pancake untuk sarapan.

Jika Anda menyukai blueberry, apakah Anda sudah tahu kandungan di dalamnya? Ternyata, blueberry tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi juga untuk kesehatan kulit. Buah blueberry berkhasiat menunda penuaan kulit karena kaya akan antioksidan.

Antioksidan merupakan molekul yang mengikat radikal bebas. Radikal bebas dapat menghancurkan sel kulit sehingga terlihat tua sebelum waktunya. Untuk itu, buah satu ini perlu Anda pertimbangkan untuk jadi asupan sehari-hari.

Selain itu, buah blueberry juga sangat baik untuk mencegah dan menghilangkan jerawat karena tinggi kandungan salicylates. Salicylates merupakan salicylic acid yang ampuh mengatasi jerawat. Kandungan ini juga ampuh mengangkat sel kulit mati, membuka pori-pori tersumbat, dan mencegah perkembang biakkan bakteri.

Di dalam buah blueberry terdapat banyak serat. Serat membantu tubuh mengeluarkan kotoran yang tak diperlukan tubuh. Nah, jika kotoran dalam tubuh rajin dikeluarkan, dampaknya kulit akan terlihat semakin sehat dan cerah.

 

Selain untuk kulit, kandungan nutrisi dalam buah blueberry ternyata baik juga untuk pertumbuhan rambut. Zat proanthocyanidins dalam blueberry mampu menstimulasi pertumbuhan rambut dengan cara mempercepat transisi dari telogen ke anagen. Pun dengan uban.

Buah blueberry mengandung vitamin B12 yang dapat mencegah rambut berubah warna atau pigmentasi rambut. Melengkapi tubuh dengan vitamin dapat membuat rambut sehat dan terlihat indah.