Bagikan:

JAKARTA - Selebritas Sarwendah terlihat mencurahkan isi hatinya sebagai seorang ibu melalui unggahan video di instagram pribadinya. Dalam unggahan itu, Sarwendah mengatakan bahwa anak-anak memiliki perasaan yang sama dengan orang dewasa. Maka sebagai orang dewasa jangan malu untuk mau meminta maaf kepada anak.

"Hal yang aku pelajari setelah menjadi seorang ibu. Anak-anak sama seperti orang dewasa, punya perasaan. Jadi jangan malu untuk minta maaf kepada anak kalau kita salah," tulis Sarwendah dikutip VOI dari instagram pribadinya, Jumat, 28 Juni.

Sarwendah juga menuliskan bahwa kebahagiaan orang lain bukan menjadi tanggung jawab kita dan bukan kewajibannya untuk membahagiakan orang lain pula.

"Perasaan orang lain bukan tanggung jawab kita, kita nggak perlu membahagiakan semua orang," lanjutnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan kalau kesehatan mental anak merupakan hal penting bagi Sarwendah dibandingkan dengan kesehatan fisik.

"Jangan pernah menyepelekan mental health anak-anak kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik," bebernya.

Sebagai orangtua Sarwendah tidak ingin membatasi perasaan yang dirasakan oleh ketiga anaknya. Ia berusaha untuk membiarkan anaknya berekspresi.

Bukan tanpa alasan, ia merasa kalau perasaan anak itu sama pekanya dengan perasaan orang dewasa yang memperhatikan dan mencontoh.

"Merasa sedih kecewa dan marah adalah hal yang wajar jangan batasi perasaan anak. Perasaan anak anak itu lebih peka daripada orang dewasa mereka memperhatikan dan mencontoh," sambungnya.

Baginya berekspresi menjadi hal yang harus dilakukan selama tidak merugikan orang lain. "Nggak perlu takut berekspresi selama yang dilakukan tidak menyakiti orang, lakukanlah," tandasnya.