Bagikan:

JAKARTA - Musim panas tiba, bukan hanya tubuh yang lebih sering merasa dehidrasi. Tapi tanaman, khususnya rumput hias di halaman akan menderita kekeringan. Rumput kering bisa dilihat dari ciri fisik yang tampak berwarna cokelat, mati, layu, dan garing ketika diinjak. Tentunya hal ini mengganggu keindahan halaman rumah.

Jika Anda tertarik menghijaukan kembali rumput hias yang sudah terlihat kering dan layu, begini tipsnya seperti disadur VOI dari laman The Spruce, Senin, 24 Juni.

Ganti Tanah

Sulit memperbaiki tanah yang sudah ditanami rumput, tetapi ketika menyemai atau menanam rumput baru, coba ganti tanah dengan bahan organik atau kompos untuk membantu tanah mempertahankan kelembapan yang dimiliki akar rumput. Tanah berpasir mengering dengan sangat cepat sehingga rumput kesulitan mendapatkan air yang dibutuhkan. Sementara tanah yang banyak mengandung bahan organik dapat memberi kelembaban lebih efektif.

Jika tanah sudah diganti, Anda dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah bahan organik yang mampu memberi kelembaban. Misalnya dengan menggunakan mulching mower yang menyisakan potongan rumput di halaman, melapisi halaman rumput dengan kompos atau bahan lainnya, dan menyeimbangkan pH tanah demi mencegah kerusakan tanaman karena urin hewan peliharaan dan hama.

Siram rumput secara mendalam, tapi rentan waktunya jarang

Jika Anda berpikir rutin menyiram rumput setiap hari merupakan ide baik, ternyata Anda salah. Sebab aktivitas ini hanya akan membiasakan rumput membutuhkan air setiap hari. Rumput akan cepat mati jika pasokan air hariannya tidak mencukupi, terlebih lagi jika musim panas tiba. 

Membatasi asupan air akan melatih rumput menumbuhkan sistem akar yang lebih dalam sehingga akan jauh lebih efisien dalam menggunakan kelembaban yang ada dalam tanah. 

Beri pupuk dengan benar

Jika tempat tinggal Anda mengalami kondisi panas dan kering selama musim panas atau sedang mengalami masa kekeringan, sebaiknya hindari pupuk nitrogen karena pemupukan berlebihan dapat membakar rumput. Untuk memberi makan rumput dan menjaganya tetap sehat, coba beri pupuk saat cuaca dingin, seperti di musim gugur atau musim dingin.

Kurangi stres

Hindari perawatan halaman rumput yang signifikan selama musim kemarau dan bawa hewan peliharaan Anda ke taman umum atau berjalan-jalan daripada membiarkan mereka bermain di halaman. Pemotongan rumput tidak terlalu diperlukan karena cuaca panas dan kering akan memperlambat pertumbuhan rumput. Hindari memangkas habis rumput selama musim panas.

Hindari memotong rumput terlalu pendek

Rumput sebaiknya tidak dipotong saat musim panas. Tapi jika harus, potonglah dengan ukuran yang tidak terlalu pendek. Bilah rumput menyimpan sebagian besar kelembaban tanaman. Rumput yang lebih panjang, lebih banyak menyimpan air, sehingga bisa menyuplai hingga ke akar tanaman. Helai rumput yang panjang juga memberi keteduhan pada tanah, sehingga membuatnya tetap sejuk dan meminimalkan penguapan.

Tanaman jenis rumput yang rentan cuaca panas

Halaman Anda bisa ditanam dengan jenis rumput yang lebih minim kebutuhan kelembabannya. Atau bisa diubah secara bertahap dengan melakukan penyemaian setiap tahun dengan benih dari spesies rumput yang lebih sesuai. Selama beberapa tahun, rumput yang tahan kering akan tumbuh subur sementara rumput lain perlahan-lahan mati.