Bagikan:

JAKARTA - Noda gosong muncul ketika benda panas bersentuhan dengan furnitur kayu dan meninggalkan bercak putih pada kayu. Hal ini terjadi karena panas menghasilkan uap dan sekaligus menyebabkan pori-pori kayu membesar, terbuka, dan menyerap kelembapan tersebut. Saat kayu mendingin dan pori-pori menyusut kembali, kelembapan di dalamnya akan terperangkap, sehingga warnanya menjadi keruh.

Untungnya, menghilangkan noda gosong yang mengganggu dari furnitur kayu juga mudah dilakukan. Asalkan Anda mengambil tindakan cepat dalam membersihkannya. Sebelum menghilangkan noda dengan amplas atau menyumbangkan meja ke toko barang bekas setempat, cobalah salah satu dari tiga metode di bawah ini. Anda hanya perlu beberapa perlengkapan rumah tangga, seperti pengering rambut, odol, dan mayonaise.

Menghilangkan noda gosong dengan hair dryer

thespruce.com

Bersihkan permukaan

Walaupun kelihatannya aneh, salah satu cara paling efektif menghilangkan noda gosong dari furnitur kayu yaitu dengan menambahkan lebih banyak panas. Namun sebelum menguji metode ini, bersihkan permukaan furnitur kayu dari debu atau kotoran.

Keringkan noda

Selanjutnya, nyalakan hair dryer, atur ke pengaturan terendah (di atas pengaturan dingin). Arahkan hair dryer beberapa inci dari noda, lalu gerakkan maju mundur secara perlahan. Jika noda tidak terlalu dalam dan tidak bertahan terlalu lama, Anda akan melihat noda tersebut mulai hilang dalam beberapa menit. Jika tidak, Anda dapat mencoba menaikkan suhu sebelum melanjutkan, jika perlu, ke langkah di bawah ini.

Gunakan setrika (Opsional)

Jika metode hair dryer tidak berhasil, gantilah dengan setrika pakaian. Karena setrika akan jauh lebih panas dibandingkan pengering, yang penting tetap hindari kontak langsung dengan kayu. Sebagai gantinya, gunakan handuk bersih sebagai pembatas. Sama seperti pengering rambut, Anda harus menyetel setrika ke pengaturan terendah dan menggesernya maju mundur di atas permukaan. Ini mungkin akan memakan waktu lebih lama dibandingkan metode hair dryer jadi sering-seringlah memeriksa bagian bawah handuk.

Menghilangkan noda gosong dengan odol

thespruce.com

Buat pasta dengan odol dan soda kue

Cara efektif lainnya untuk menghilangkan noda gosong dari furnitur kayu yakni dengan membuat pasta dengan campuran odol dan soda kue. Campurkan satu bagian odol ke dalam mangkuk dengan dua bagian soda kue, hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta ke atas noda

Setelah membuat pasta, sebarkan di atas noda gosong pada furnitur. Hindari menyebarkan campuran Anda ke permukaan lain di atas meja, karena dapat merusak lapisannya. Diamkan pasta selama sekitar lima menit.

Bersihkan noda pasta

Setelah campuran pasta odol dan soda kue meresap dan bekerja dengan baik, ambil kain bersih dan bersihkan. Jika noda masih ada, coba metode ini beberapa kali lagi.

Menghilangkan noda gosong dengan mayonnaise

thespruce.com

Oleskan mayones di atas noda

Percaya atau tidak, bumbu favorit ini merupakan penghilang noda efektif karena minyak mayo mampu menembus pori-pori kayu dan melepaskan kelembapan yang terperangkap. Ambil beberapa sendok makan mayo dan gunakan lap bersih untuk menggosokkannya pada noda, lalu diamkan setidaknya selama beberapa jam (atau bahkan semalaman jika noda masih membandel).

Bersihkan dengan kain lap basah

Setelah mendiamkan mayo di atas noda selama beberapa saat, lap bekas-bekasnya dengan kain lap basah. Anda tidak akan menemukan noda tersembunyi di bawah mayo, namun jika masih menempel, sebaiknya coba metode ini sekali lagi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Tips tambahan menghilangkan noda panas pada furnitur kayu

Jika metode yang dilansir dari laman The Spruce, Jumat, 21 Juni, di atas tidak cukup, Anda dapat mencoba mengampelas noda dan mengoleskan pernis untuk menyegel kembali kayu. Namun, jadikan ini pilihan terakhir dan pengamplasan sebaiknya dibatasi hanya pada noda saja.