Bagikan:

JAKARTA - Rumput pekarangan yang semula tumbuh berwarna hijau segar kini mulai berubah warna menguning, bahkan mengering di beberapa area. Tentunya hal ini mengganggu pemandangan dan membuat bertanya-tanya penyebab warna rumput tidak merata dan menguning. Melansir The Spruce, Jumat, 27 September berikut ini penyebab rumput menguning dan cara mengatasinya.

Jamur 

Sebagian besar penyebab rumput menguning dan kering adalah jamur. Suhu, ilalang, dan tingkat kelembapan juga turut mempengaruhi kerentanan rumput terhadap jamur. Beberapa penyakit jamur yang paling umum adalah cincin peri, jamur salju, fusarium, dan smut. Untuk membantu mencegah penyakit jamur, pastikan halaman rumput terpisah dan sudah teraerasi.

Sinar Matahari yang Cukup

Secara umum, rumput halaman tumbuh lebih cepat dengan sinar matahari yang cukup daripada di tempat teduh. Sangat sulit untuk menanam rumput di bawah pohon besar. Saat mencoba menanam rumput di tempat teduh, pilih jenis yang tahan naungan, seperti rumput fescue tinggi.

Irigasi yang Memadai

Rumput halaman juga memerlukan irigasi yang memadai. Namun, beberapa jenis rumput lebih tahan terhadap kekeringan daripada yang lain. Sekali lagi, rumput fescue tinggi adalah contoh rumput yang tidak mudah menguning.

Kesuburan Tanah

Uji tanah Anda untuk mengetahui apakah tanah tersebut memiliki cukup nitrogen, fosfor, dan kalium. Jika tidak, lakukan penyesuaian yang sesuai saat Anda memupuk tanah di halaman. Kesuburan tanah sangat memengaruhi pertumbuhan rumput.

Pemadatan Tanah

Terkadang, rumput akan berhenti tumbuh hanya di satu bagian halaman yaitu di bagian yang paling banyak dilalui orang. Hal ini terjadi karena tanah di sana menjadi padat. Pemadatan berdampak negatif pada aliran air dan nutrisi. Pertimbangkan untuk membuat jalan setapak di area tersebut.

Infestasi Gulma

Gulma tumbuh dengan cepat. Mereka bersaing dengan halaman untuk mendapatkan sumber daya (sinar matahari, air, nutrisi). Jika ada terlalu banyak gulma di halaman, maka tanaman dapat menghambat atau bahkan memadati rumput halaman Anda.

Kapan Rumput Harus Berhenti di Potong

Salah satu alasan mengetahui kapan rumput berhenti tumbuh adalah karena pengetahuan ini memberi Anda petunjuk mengenai kapan Anda harus bersiap menghentikan penggunaan mesin pemotong rumput selama satu tahun lagi. Anda harus berhenti memotong rumput saat rumput berhenti tumbuh. Pada titik ini, Anda perlu mengambil langkah yang tepat menyimpan mesin pemotong rumput selama musim dingin.