Bagikan:

JAKARTA - Membumbui daging dengan benar merupakan kunci membuka simfoni rasa yang menggugah selera. Dengan mengikuti rahasia membumbui daging dengan benar, lidah akan disuguhi perpaduan rasa yang harmonis. Silakan bereksperimen dan biarkan keterampilan membumbui Anda membawa kreasi kuliner ke level selanjutnya. Baik dipanggang, dibakar, atau digoreng, lima rahasia ini akan memandu Anda meningkatkan keterampilan kuliner.

Pilih bumbu yang tepat

Dalam hal membumbui daging, perpaduan dinamis antara garam dan merica menjadi fondasinya. Garam berfungsi sebagai penambah rasa dan membantu mengeluarkan sari alami daging, membuatnya lebih juicy dan empuk. Lada hitam yang baru digiling menambah rasa pedas dan aromatik. 

Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan rempah-rempah seperti paprika, jinten, ketumbar, atau bubuk cabai guna menambah cita rasa daging. Herbal seperti rosemary, thyme, oregano, dan basil dapat memberikan keharuman yang menyenangkan dan warna daging yang segar.

Ingat, kuncinya adalah mencapai keseimbangan yang tepat. Mulailah dengan sedikit bumbu, cicipi sepanjang proses, dan sesuaikan sesuai kebutuhan hingga Anda mencapai rasa yang diinginkan.

Daging jangan dicuci

Jika Anda memiliki kebiasaan mencuci daging sebelum diolah, alangkah baiknya sekarang Anda hindari cara tersebut. Sebab teknik ini dapat membuat tekstur dari jadi lebih alot. Untuk itu, pastikan daging yang Anda beli tidak terkena air. Sesaat setelah membeli dari pasar, Anda bisa langsung mengungkep daging.

Tusuk daging sebelum dimarinasi

Sebelum dibalur dengan bumbu marinasi, Anda bisa menusuk-nusuk daging di beberapa bagian menggunakan pisau, garpu, atau tusuk sate. Itu tergantung dari besar-kecilnya potongan daging yang akan dimarinasi. Lubang-lubang kecil tersebut menjadi jalan yang sempurna bagi bumbu marinasi. Sehingga, bumbu dapat meresap sempurna dan mempercepat proses marinasi.

Persiapkan daging untuk dibumbui

Sebelum mengoleskan bumbu, pastikan permukaan daging dalam keadaan kering agar daya rekatnya lebih baik. Tepuk-tepuk hingga kering dengan tisu untuk menghilangkan kelembapan berlebih. Saat daging kering, bumbu akan lebih melekat sehingga rasa bisa meresap lebih dalam ke dalam daging.

Untuk potongan daging yang lebih keras, seperti daging panggang atau steak, coba gunakan menggunakan teknik melunakkan daging. Marinasi adalah cara bagus memecah serat dan menanamkan rasa ke dalam daging. Anda bisa membuat marinade menggunakan kombinasi minyak, asam (seperti jus lemon atau cuka), herba, rempah-rempah, dan bahkan sedikit rasa manis. Biarkan daging direndam selama beberapa jam atau semalaman di lemari es, dan Anda akan mendapatkan hasil yang empuk dan beraroma.

Pelunak mekanis, seperti palu daging atau mesin pelunak, juga dapat digunakan untuk memecah jaringan ikat pada potongan yang lebih keras. Menjadikannya lebih empuk dan bumbu lebih mudah meresap.

Marinasi dalam wadah tertutup

Untuk hasil yang sempurna, Anda bisa menggunakan zip-lock atau wadah kedap udara saat proses marinasi daging. Anda juga bisa menggunakan wadah yang ditutup oleh plastik wrap lalu aduk-aduk daging yang sedang dimarinasi setiap 10 menit agar bumbunya meresap dengan merata.

Jangan lupa memasukkan daging marinasi ke dalam kulkas. Hal ini mampu meminimalisasi terjadinya kontaminasi bakteri dengan bahan makanan lain seperti sayuran dan buah-buahan.