Bagikan:

YOGYAKARTA - Hidup tanpa seorang kekasih kalau kata orang seperti ibarat sayur tanpa garam, rasanya tawar! Namun sebenarnya tak seperti itu kok, ada loh ternyata cara menikmati hidup tanpa pacaran! Seperti apa? Yuk simak ulasannya di sini!

Pasalnya, memang manusia itu diciptakan untuk berpasang-pasangan, namun bila habis berpisah atau belum saatnya memiliki pasangan, mau berbuat bagaimana pun tetap saja susah. Jadi perlu ada upaya agar kalian tetap bisa hidup bahagia tanpa memiliki kekasih.

Berikut beberapa cara agar kalian tetap bisa senang tanpa punya pasangan;

Bahagia tak melulu soal pacaran (Gambar Cerys Lowe-Unsplash)
Bahagia tak melulu soal pacaran (Gambar Cerys Lowe-Unsplash)

Cara Menikmati Hidup Tanpa Pacaran

I. Eksplorasi Hobi serta Passion

Pada saat berada dalam sesuatu hubungan, Kalian bisa jadi tidak mempunyai waktu buat melaksanakan semua hal yang di impikan. Bisa jadi pula pasangan tidak mempunyai hobi yang sama sehingga Kalian tidak menekuninya lagi.

Tanpa pacaran, Kalian mempunyai lebih banyak waktu buat diri sendiri. Nikmati masa jomblo Kalian dengan memperluas atensi serta bakat dan mengejar hobi baru. Lakukan kegiatan-kegiatan yang menunjang passion Kalian serta membuka peluang buat berjumpa orang-orang baru.

II. Membangun Relasi

Hidup tanpa pacaran bukan berarti tidak berhubungan sosial dengan orang lain. Cobalah buat membangun kedekatan yang bermakna dengan orang-orang baru, misalnya bergabung dengan komunitas pecinta buku, menjajaki kelas seni, serta kegiatan lainnya. Ini bakal menolong Kalian tetap terhubung dengan orang lain.

III. Tingkatkan Skill

Jangan sia-siakan waktu luang yang dipunyai saat menjomblo. Pakai peluang ini buat tingkatkan keterampilan, baik lewat pendidikan resmi, kursus online, ataupun belajar mandiri. Meningkatkan skill bisa menolong Kalian tumbuh sebagai individu serta meningkatkan kesempatan karier Kalian.

IV. Habiskan Waktu Bersama Orang Terdekat

Mengutip Family Therapy Broward, orang yang menempuh hubungan cenderung lebih banyak menghabiskan waktu dengan pendampingnya. Walhasil, waktu buat orang-orang terdekat lain semacam sahabat serta keluarga juga berkurang.

Selagi masih sendiri, manfaatkanlah momen ini buat mempererat ikatan dengan mereka. Cobalah buat mengatur waktu berkualitas semacam makan malam bersama, berangkat ke konser, ataupun sekadar berbincang. Berbagi waktu dengan orang-orang terdekat bisa memberikan dukungan emosional serta kebahagiaan yang tidak ternilai.

V. Cari Pengalaman Baru

Sebagaimana disebutkan, hidup tanpa pacaran memberikan peluang buat mencoba hal-hal baru. Cobalah berangkat ke tempat-tempat yang belum sempat didatangi sebelumnya, mencoba masakan baru, ataupun belajar tentang budaya yang berbeda.

Kalian pula dapat menghabiskan waktu luang buat jadi volunteer kegiatan sosial. Misalnya, jadi sukarelawan di penampungan hewan, mengajar di panti asuhan, serta lain-lain. Tidak hanya menambah pengalaman, kegiatan-kegiatan itu pula berguna untuk orang yang membutuhkan.

VI. Adopsi Hewan Peliharaan

Mengadopsi peliharaan semacam anjing ataupun kucing bisa jadi jadi pilihan pas untuk Kalian yang merasa kesepian tanpa pacar. Kehadiran hewan peliharaan dapat jadi pelipur lara sekaligus tingkatkan suasana hati di kala pilu.

Bagi yang alergi dengan bulu, alternatifnya adalah pelihara ikan, dan kelebihan memelihara ikan yaitu bisa membuat efek menenangkan, karena percikan air bisa membuat fikiran kita merasa nyaman.

VII. Merawat Diri Sendiri

Metode menikmati hidup tanpa pacaran pula dapat dicoba dengan merawat diri sendiri secara fisik serta mental. Fokuslah pada kesehatan semacam olahraga teratur serta pola makan seimbang dan melaksanakan perawatan diri semacam spa, meditasi, ataupun yoga buat memelihara keseimbangan emosi.

VIII.Jangan Terlalu Terlena

Memang setelah kita disibukkan dengan beberapa cara diatas akan membuat melupakan sejenak akan masa kejombloan yang menyedihkan. Namun bila kalian terlalu dalam memasukinya kalian bisa saja terjerumus dan sampai lupa dengan kebutuhan untuk memiliki pasangan. Jadi lakukanlah sewajarnya jangan berlebihan, karena contohnya sudah banyak orang yang tak punya pasangan sampai menjelang ajal. Semangat mencoba!

Selain itu kalian juga perlu tahu, bagaimana cara “Menikmati Hidup dengan Mengingat Kenangan Bahagia”.

Jadi setelah mengetahui cara menikmati hidup tanpa pacaran, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!