Bagikan:

YOGYAKARTA - Penyakit kanker bisa menyerang tanpa pandang bulu, baik pada wanita maupun pria. Ada jenis-jenis kanker yang paling sering menjakiti kaum pria. Masalah kesehatan serius ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. 

Kanker adalah kondisi ketika terjadi pertumbuhan sel abnormal yan tidak terkendali dan ganas di organ tubuh. Apabila tidak segera dideteki, kanker bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainya hingga berujung pada kematian.

Tidak sedikit para pria yang menderita penyakit kanker mulia dari stadium awal hingga tingkat parah.Lantas apa saja jenis-jenis kanker yang paling sering menyrang pria dan gejala-gejalanya?

Jenis Kanker Paling Sering Menyerang Pria

Terdapat beberapa jenis kanker dengan gejala dan kondisi yang berbeda dirasakan para peneritanya. Berikut ini beberapa jenis kanker yang paling banyak menyerang para pria:

Kanker Prostat

Kanker prostat adalah jenis kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar yang merupakan bagian penting dari sistem reproduksi pria. Oleh karean itu, hanya pria yang dapat mengalami kanker prostat ini.

Biasanya, kanker prostat lebih sering terjadi pada pria yang sudah lanjut usia. Gejala umum dari kanker ini bisa dirasakan dari nyeri di punggung, aliran urine yang lemah saat buang air kecil, disfungsi ereksi, dan keluarnya darah bersama air mani saat ejakulasi.

Kanker Kulit 

Kanker kulit lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Pada usia lanjut, pria memiliki risiko tiga kali lipat lebih besar untuk mengidap kanker ini. Kanker kulit memiliki berbagai jenis dengan melanoma sebagai bentuk yang paling berbahaya. 

Tanda-tanda melanoma atau jenis kanker kulit lainnya bisa berupa tahi lalat, luka, benjolan, atau pertumbuhan pada kulit. Tahi lalat tersebut cenderung tumbuh semakin besar dengan diameter yang semakin melebar.

Kanker prankeas

Sesuai namanya, kanker pankreas adalah kanker yang menyerang pankreas. Pankreas terletak di belakang lambung pada bagian atas perut. Organ tubuh ini berfungsi untuk memproduksi enzim pencernaan serta hormon insulin.

Pada tahap awal, kanker pankreas sering tidak menimbulkan gejala apa pun hingga penyakit ini menjadi lebih serius. Oleh karena itu, kanker pankreas sering disebut sebagai "pembunuh diam-diam".

Kanker Testis

Kanker testis paling sering didiagnosis pada pria berusia antara 15 hingga 45 tahun, dengan rata-rata usia sekitar 33 tahun. Walaupun demikian, sebenarnya kanker ini dapat terjadi pada segala usia. Gejala dari kanker testis meliputi nyeri di punggung bagian bawah, muncul benjolan di testis, perasaan berat pada skrotum, dan perubahan ukuran testis.

Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal mencakup semua jenis kanker yang terjadi di usus besar dan rektum,. Gejala kanker ini meliputi perubahan kebiasaan buang air besar, perasaan buang air besar yang tidak tuntas, dan adanya darah di tinja. Selain itu, kanker ini juga menyebabkan rasa lemah dan lemas, nyeri atau kram perut dalam waktu lama, serta kondisi-kondisi lainnya. 

Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru adalah salah satu kanker mematikan yang banyak diderita oleh pria. Penyebab utama kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok. Namun ada juga faktor lain seperti paparan gas radon. Gejala yang muncul jika seseorang menderita kanker ini bisa berupa batuk yang terus-menerus, batuk darah, suara serak, dan sesak napas.

Kanker Hati dan Saluran Empedu

Kanker hati dan saluran empedu adalah jenis kanker yang umum diidap oleh pria. Kanker ini bisa berkembang di hati dan saluran empedu itu sendiri atau menyebar dari bagian tubuh lainnya. Gejala umum meliputi penyakit kuning, hilangnya nafsu makan, dan nyeri di bagian perut.

Kanker Kandung Kemih

Kanker kandung kemih adalah jenis kanker lain yang sering didiagnosis pada pria, dengan karsinoma sel transisional sebagai jenis yang paling umum. Merokok diyakini menjadi penyebab hampir 50 persen kasus kanker kandung kemih pada pria. Gejalanya termasuk sering buang air kecil terutama pada malam hari, inkontinensia urine, rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil, dan adanya darah dalam urine.

Kanker Esofagus

Kanker esofagus atau kerongkongan terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu adenokarsinoma dan karsinoma sel skuamosa. Keduanya memiliki perbedaan berdasarkan jenis sel tempat kanker tersebut bermula. Gejala kanker dapat berupa kondisi batuk yang terus-menerus, suara serak, kesulitan dalam menelan, dan perasaan seperti ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokan. 

Demikianlah beberapa jenis kanker yang paling sering menyerang pria. Untuk mencegah berbagai penyakit di atas agar tidak terjadi pada diri Anda, maka mulailah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Baca juga tes darah dapat mendeteksi kanker

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.