Bagikan:

JAKARTA -  Bagian dari menjadi manusia adalah membuat kesalahan. Memproses rasa bersalah dan belajar dari kesalahan tersebut dapat membantu Anda tumbuh dan berkembang jadi pribadi yang lebih baik.

Namun terkadang setelah belajar dari kesalahan, memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang sudah dilakukan di masa lalu tetap saja terasa sulit. Inilah saatnya memiliki niat dan mengatasinya. Bagaimana cara memaafkan diri sendiri? Dilansir dari Psych Center, Rabu, 22 Mei, berikut cara mudah bantu Anda berdamai.

Menerima rasa bersalah sebagai emosi

Rasa bersalah merupakan salah satu emosi yang dirasakan manusia. Menurut Albert Nguyen, seorang pekerja sosial klinis dari Palo Alto, California, rasa bersalah sama pentingnya dengan emosi lain yang dirasakan manusia.

“Setiap emosi memiliki tujuan yang memberi tahu tentang apa yang sudah Anda lakukan. Maka, biarkan diri merasakannya, ”katanya.

Rasa bersalah sebenarnya membantu Anda berempati. Setidaknya Anda jadi paham jika tindakan yang dilakukan bisa berdampak pada orang lain. Jika merasa bersalah, coba biarkan rasa tersebut mengalir tanpa terus memikirkannya. Merasakannya dapat membantu Anda memproses dan melupakannya.

Teknik menyayangi diri sendiri

Menurut definisinya, self-compassion mengacu pada proses memperlakukan diri sendiri dengan perhatian yang sama seperti yang Anda lakukan pada orang yang dicintai. Ini termasuk tindakan memaafkan diri sendiri.

Taylor Kinman, seorang konselor profesional berlisensi dari Fort Mitchell, Kentucky, mengatakan rasa kasihan pada diri sendiri merupakan salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan orang untuk menjaga kesehatan mental.

Melihat dari sudut pandang yang berlawanan

Saat diliputi rasa bersalah, wajar jika berasumsi pihak lain yang terlibat juga terpaku pada apa yang terjadi dengan cara yang sama. Itu mungkin benar, tapi tidak selalu benar. Mengingatkan diri sendiri bahwa orang lain mungkin tidak terpengaruh seperti yang Anda kira dapat membantu mengurangi rasa bersalah.

Komitmen dengan diri sendiri

Setelah menyadari kesalahan di masa lalu, maka dapat membuat komitmen kepada diri sendiri untuk tidak mengulangi kesalahn yang sama di masa depan. Komitmen menjadi lebih baik merupakan cara memaafkan diri sendiri yang tidak merugikan orang lain.

Mencari hiburan

Diliputi rasa bersalah saat ini? Mandi atau berendam mungkin bisa membantu. Penelitian pada tahun 2011 menunjukkan bahwa tindakan membersihkan diri untuk sementara dapat mengurangi perasaan bersalah atau ragu.

Menghabiskan waktu sendirian juga dapat membantu Anda memikirkan situasi dengan cara yang berbeda dan mendapatkan perspektif tentang cara mengambil langkah selanjutnya. 

Ingat, memaafkan diri sendiri itu artinya tidak menambah rasa bersalah.