Hari Musik Nasional, Presiden Joko Widodo Isyaratkan Kangen Nonton Konser
Presiden Joko Widodo (Foto: IG @jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo turut memberikan semangat kepada musisi Indonesia di Hari Musik Nasional. Dalam unggahannya di Instagram @jokowi, Presiden Jokowi mengisyaratkan kangen nonton konser. Unggahan tersebut nampak seseorang yang sedang menonton konser virtual  dengan lagi Rayuan Pulau Kelapa. Jokowi bertindak sebagai konduktor di posisi central. 

"Tak ada pertunjukan, konser, tur, sampai festival musik di sepanjang satu tahun ini. Tapi saya tahu, pemusik-pemusik Indonesia adalah insan kreatif yang tidak mudah patah semangat," tulis Jokowi.

Pada masa Pandemi COVID-19, musisi merupakan salah satu pihak yang terdampak langsung. Karena konser selalu mengumpulkan massa dan berpotensi membuat kerumunan sehingga izinnya sulit dikerluarkan. Karena itu konser virtual menjadi satu-satunya jalan.

"Konser virtual dan kolaborasi dengan platform digital, menjadi saluran kreatif mereka untuk menjangkau para penikmat musik dan sebagai ruang baru untuk berkarya," lanjutnya.

Sensai nonton konser secara langsung jelas beda. Apalagi Jokowi selama ini dikenal sebagai penggemar musik metal yang tak segan nonton konser secara langsung. Dia berharap usai pandemi, dunia musik Indonesia semakin kreatif. 

"Saya percaya, selepas pandemi ini, dunia musik di tanah air akan berubah. Semakin inovatif. Semakin kreatif," pungkas Presiden Joko Widodo.

Tanggal 9 Maret diperingatan sebagai Hari Musik Nasional. Peringatan ini ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013, dan disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam Keppres tersebut menjelaskan, penetapan Hari Musik Nasional merupaka upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik.