Selain Beda Warna, Ini 5 Perbedaan Tahu Putih dan Tahu Kuning Kediri
Ilustrasi tahu mentah dan goreng (Pexels/Ron Lach)

Bagikan:

JAKARTA – Di Nusantara, tahu bukan makanan yang asing dinikmati. Bahkan setiap hari penjual sayur yang keliling kompleks perumahan membawa tahu sebagai salah satu dagangannya. Namun, tahukah Anda bahwa proses pembuatan hingga tekstur, dan daya tahannya berbeda-beda.

Jika Anda mengenal tahu kuning Kediri atau dikenal akrab dengan sebutan tahu takwa, maka pasti tak heran jika di supermarket di-display dua macam warna tahu. Ada yang berwarna kuning da nada yang berwarna putih. Nah, apa yang membedakan keduanya?

Proses memeroleh warna

Warna yang berbeda tentu saja dipengaruhi oleh proses yang berbeda. Tahu berwarna kuning dikenal dengan tahu takwa Kediri diolah dengan air garam dan kunyit sehingga warnanya berubah. Sedangkan tahu putih, setelah masak tidak diolah kembali dan siap dimasak atau dipasarkan.

Tahu kuing dapat ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan bahan makanan. Tidak hanya di Kediri Jawa Timur sebagai sentra tahu kuning.

Tekstur

Pembeda kedua antara tahu putih dan tahu kuning Kediri adalah teksturnya. Tahu kuning memiliki tekstur yang padat dan sedikit mengandung air. Pori-porinya kecil sehingga tidak rapuh seperti tahu putih.

Sedangkan tahu putih lebih banyak kandungan airnya sehingga lebih mudah hancur. Prosesnya juga membedakan tekstur kedua tahu ini. Tahu kuning ditekan memakai alat untuk memeras air dalam tahu. Efeknya pada tekstur kenyal dan tidak gampang hancur.

Daya tahan

Sebab tahu kuning telah direndam air garam dan kunyit, maka lebih tahan lama ketimbang tahu putih. Tahu putih perlu diganti air rendamannya jika akan disimpan lama di kulkas. Jika tidak, tahu akan rusak dan tak bisa dimasak.

Kandungan air juga memengaruhi daya tahan tahu. Semakin sedikit kandungan airnya, maka semakin awet tahu disimpan.

Beda ukuran

Jika Anda membeli tahu kuning Kediri dari sentranya langsung, maka ukurannya akan lebih besar dibanding tahu putih. Biasanya, tahu takwa akan dikemas dalam kotak dari bambu. Tergantung berapa jumlah pembeliannya, semakin banyak jumlahnya maka kemasan akan semakin besar.

Untuk tahu putih, sebenarnya ada berbagai macam ukuran. Karena produsen tahu putih tidak hanya satu, maka Anda dapat memilihnya sesuai selera dan ukuran.

Digoreng lebih renyah

Perbedaan terakhir antara tahu putih dan tahu kuning Kediri berkaitan dengan tekstur dan kandungan air. Karena sebelum diolah tahu kuning memiliki tekstur kenyal dan sedikit kandungan air, maka bagian luarnya akan lebih renyah setelah di goreng.

Sebaliknya, tahu putih membutuhkan waktu agak lama untuk lebih renyah. Jika suka, dapat menambahkan tebung bumbu untuk mendapatkan tekstur crispy