Trik Membangun Hubungan Harmonis dengan Mertua
Ilustrasi Menantu dan Mertua (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah menikah, tugas dan kewajiban pasti jadi lebih banyak. Selain harus menjalankan peran sebagai istri yang berbakti pada suami, Anda juga wajib menjaga hubungan baik dengan mertua. Memang, tidak selamanya hubungan mertua dan menantu akan berjalan mulus. Tapi, tidak juga menutup kemungkinan hubungan mertua dan menantu dapat akur dan saling mengasihi. Nah, agar Anda jadi menantu kesayangan mertua, mari intip tipsnya berikut ini.

Jaga Sopan Santun

Sikap sopan santun bisa Anda tunjukkan dengan cara salim tangan jika bertemu mertua, mengenakan pakaian yang sopan, atau berbicara dengan nada yang halus dan wajah tersenyum.

Apabila mertua sedang memberi nasehat atau masukan, coba tetap dengarkan meski itu berlawanan dengan pikiranmu. Intinya jangan menyela. Jika ingin berpendapat sampaikan setelah dia selesai berbicara. Jika Anda berlaku sopan dan menghargainya, kemungkinan besar mertua akan makin simpatik sama Anda.

Jadi Menantu Rajin

Hal yang paling sering dibicarakan mertua adalah sifat menantu yang pemalas. Nah, saatnya buktikan kalau Anda tidak sama seperti anggapannya. Tunjukan kalau Anda itu menantu idaman yang bisa mengurus rumah, suami, dan anak. Perlihatkan juga pada mertua kalau Anda memang pribadi yang bisa diandalkan dalam situasi apapun. Dijamin, mertua makin bangga dengan Anda.

Sering Tanya Kabar

Tips merawat hubungan dengan mertua yaitu sering tanya kabar. Selain menanyakan kabar orang tua, jangan lupa telpon juga mertua untuk menanyakan kabarnya, ya. Kalau perlu, ajak mertua jalan-jalan bersama, atau pilih spot nongkrong menarik yang cocok untuk orang tua lalu habiskan beberapa waktu untuk ngobrol seru berdua.

Lakukan Kunjungan Rutin

Jika ada waktu, sempatkan jadwal untuk mengunjungi mertua secara rutin. Dengan begitu, dia tidak bakal merasa kesepian. Waktu berkunjung, bawa juga beberapa barang atau makanan kesukaannya.

Mertua bakal makin senang kalau Anda mencoba membuat masakan itu sendiri. Dengan begini, mertua merasa kalau Anda sangat memperhatikannya, termasuk hal yang menjadi kesenangannya.

Jangan Memonopoli Pasangan

Meski suami telah menjadi milikmu, jangan lupa kalau suami juga tetap adalah seorang anak. Biarkan sesekali mertua menghabiskan waktu dengan suamimu. Beri mereka kesempatan bersama. Di sini, Anda tidak perlu ikut kecuali mertua yang mengajakmu.

Berikan Pujian

Sering memberikan pujian juga merupakan tips merawat hubungan dengan mertua. Beri pujian soal penampilannya, masakannya, atau achievement apapun yang diraih mertua. Pokoknya jangan ragu-ragu memberi pujian. Hal sederhana ini bisa membuat mertua makin sayang lho sama Anda.