Disebut Kafein Emosi, Cara Ini Bermanfaat Menukar Emosi Negatif untuk Lebih Bahagia
Ilustrasi cara untuk lebih bahagia disebut kafein emosi menurut ilmuwan sosial Arthur Brooks, Ph.D. (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kafein emosi merupakan sebutan trik untuk merasa lebih bahagia. Sebutan ini diambil dari mekanisme atau cara kerja kafein dalam otak. Seperti dinyatakan oleh ilmuwan sosial Arthur Brooks, Ph.D., kebahagiaan didefinisikan berdasarkan makronutriennya. Sama seperti makanan sehat yang dibutuhkan tubuh, yang mana mengandung protein, lemak, dan karbohidrat dalam jumlah seimbang.

Brooks dilansir mbg mindfulness, Kamis, 28 Maret, membagi makronutrien kebahagiaan yang perlu dipertimbangkan. Pendukung makronutrien kebahagiaan adalah kafein emosional. Kafein, sebenarnya tidak menyediakan bahan bakar atau meningkatkan produksi energi dalam tubuh. Saat minum minuman berkafein, zat ini memblokir aktivitas neurotransmitter, yang disebut adenosin.

“Saat Anda terlalu bersemangat, Anda menginginkan lebih banyak adenosin untuk menenangkan Anda,” kata Brooks.

cara untuk lebih bahagia
Ilustrasi cara untuk lebih bahagia (Freepik)

Secara molekuler, kafein sama dengan molekul adenosin. Jika meminum kafein bukannya membuat Anda bersemangat tetapi memblokir produksi adenosin sehingga membuat Anda tidak grogi saat mengerjakan tugas penting. Brooks menjelaskan, kafein bekerja sangat “licik”. Ia menggantikan produksi adenosin dengan memblokir dan mengganti dengan senyawa yang berefek sama didalamnya.

Berkaitan dengan cara kerja kafein pada otak, Brooks berpedoman bahwa “menggantikan emosi satu dengan emosi lainnya” atau bekerja seperti kafein dalam konteks emosi, membantu lebih bahagia. Dengan meniru cara kerja kafein, Anda bisa bereaksi sesuai keinginan, bukan sesuai perasaan. Intinya, kafein emosi adalah pertukaran emosional. Meski bisa menggantikan emosi negatif tak berarti mengabaikan emosi tersebut, ya.

Ini lebih kepada memenuhi apa yang dibutuhkan saat itu, atau saat-saat penting yang mana Anda harus segera bertindak. Analoginya, Anda perlu bernapas dalam-dalam dan berhitung sampai sepuluh untuk meredakan amarah. Sama seperti ketika saat mengerjakan tugas penting dan merasakan emosi negatif. Biar emosi negatif tak mengusik konsentrasi, boleh menukar dengan emosi yang lebih mendukung produktivitas.

Cara kerja kafein emosi, juga bisa mengganti perasaan pesimis dengan memilih memikirkan harapan atau hal-hal baik yang menunggu di depan. Menurut Brooks, ini bukan untuk memupuk kepositifan toksik, tetapi tentang mengganti emosi Anda pada saat ini untuk menenangkan diri dan memberikan pilihan lebih baik. Dengan cara ini, kata Brooks, Anda bisa menjalani kehidupan lebih bahagia dan memuaskan.