Siapa yang Wajib Membayar Zakat Fitrah? Begini Syarat bagi Umat Muslim
Zakat fitrah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Zakat fitrah merupakan amalan yang wajib dilakukan ketika bulan Ramadan. Pembayaran zakat ini hukumnya wajib bagi laki-laki maupun wanita muslim. Waktu penyerahan zakat dimulai dari tanggal 1 Ramadan hingga 1 Syawal atau sebelum salat Idul Fitri. 

Amalan zakat fitrah bertujuan untuk membersihkan hati dan jiwa dari sifat kiki. Ibadah ini juga sebagai bentuk berbagi kepada orang yang membutuhkan. Setiap umat muslim diwajibkan melakukan zakat fitrah tanpa memandang usia, status, dan jenis kelamin. 

Hukum Zakat Fitrah

Ajaran untuk menunaikan zakat fitrah dijelaskan oleh Rasulullah SAW, dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim sebagai berikut:

فَمَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيْرٍ عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِ وَالذَّكَرِ وَالْأُنْثَى وَالصَّغِيْرِ وَالْكَبِيرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلَاةِ

Artinya: Dari Ibnu Umar r.a. berkata, "Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah, satu gantang kurma atau satu gantang sya'ir atas budak dan orang merdeka, laki-laki dan perempuan, anak-anak dan dewasa. Rasulullah SAW memerintahkan agar zakat fitrah itu ditunaikan sebelum orang akan pergi melakukan shalat Idul Fitri." (HR Bukhari dan Muslim).

Mengutip dari Buku Pintar Agama Islam karangan Abu Aunillah Al-Baijury, zakat fitrah wajib dijalankan oleh setiap umat muslim, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, orang dewasa, budak, dan orang yang merdeka. Ukuran zakat yang diberikan kira-kira dua setengah kilogram bahan makanan pokok. 

Siapa yang Wajib Membayar Zakat Fitrah

Apakah Anda selalu menunaikan zakat fitrah selama Ramadan atau baru akan memulai zakat? Orang yang wajib melakukan zakat fitrah disebut dengan muzakki. Lantas siapa saja orang yang termasuk muzzaki?

Dalam buku Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas V karya Yusak Burhanuddin dan Muhamad Najib, disebut orang-orang yang wajib membayar zakat yaitu:

Semua Orang Beragama Islam

Semua orang yang memeluk agama Islam diwajibkan melakukan zakat untuk diri sendiri. Setiap muslim wajib menyerahkan zakat, baik yang masih muda maupun sudah tua, serta laki-laki dan perempuan. 

Kepala Rumah Tangga

Seorang kepala rumah tangga juga wajib mengeluarkan zakat fitrah. Penyerahan zakat tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga orang yang di bawah tanggungannya, seperti istri, anak, hingga asisten rumah tangga jika ada. 

Orang yang Masih Hidup saat Matahari Terbit di Hari Raya Idul Fitri

Amalan zakat fitrah juga wajib dilakukan bagi setiap muslim yang masih hidup saat matahari terbit di hari Idul Fitri. Seorang yang baru lahir ke dunia maupun mengalami sakaratul maut di hari itu, maka juga diwajibkan mengeluarkan zakat. 

Orang yang Mampu Menafkahi Dirinya dan Keluarganya 

Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi seorang yang mampu menafkahi dirinya dan keluarganya. Kewajiban zakat juga dikenakan bagi orang-orang yang tidak tidak berada di bawah tanggungan orang lain. Namun bagi orang yang tidak punya kelebihan harta, maka tidak wajib menyerahkan zakat fitrah. Dirinya berhak menjadi penerima zakat. 

Syarat Wajib Zakat Fitrah

Ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi bagi seseorang yang membayar zakat fitrah. Jika ada salah satu syarat yang belum terpenuhi, maka belum ada kewajiban untuk mengeluarkan zakat. 

Setiap umat muslim yang melakukan zakat dan dibayarkan zakatnya maka harus memenuhi syarat wajib zakat fitrah. Dari buku Ensiklopedia Fikih Indonesia 3: Zakat karya Ahmad Sarwat, berikut ini syarat-syarat wajib zakat fitrah:

  • Beragama Islam
  • Orang yang berakal
  • Sudah berusia baligh
  • Orang yang telah merdeka
  • Pemilik harta

Demikianlah jawaban dari pertanyaan siapa yang wajib membayar zakat fitrah. Menyerahkan zakat fitrah merupakan amalan yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Muslim baik laki-laki dan perempuan, serta anak-anak maupun orang dewasa. Pemberian zakat ini dilakukan sejak tanggal 1 Ramadan hingga sebelum hari raya Idul Fitri. Baca juga cara bayar zakat fitrah online dan besaran zakatnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.