Review Film <i>Mothers’ Instinct</i>: Paduan Akting Hathaway-Chastain dalam Premis Klasik
Jessica Chastain (Neon)

Bagikan:

JAKARTA - Film Mothers’ Instinct menjadi film thriller terbaru yang tayang di pekan ini. Benoît Delhomme menjadikan film ini sebagai debut penyutradaraannya yang digarap sejak tahun 2020 lalu.

Film ini adalah remake dari film berjudul Duelles asal Prancis yang dirilis pada tahun 2018. Film ini juga merupakan adaptasi dari buku berjudul sama karya Barbara Abel.

Delhomme dikenal melalui karyanya dalam berbagai film sebagai sinematografer. Kini, ia mulai menapaki dunia perfilman dengan menjadi sutradara sekaligus mempertemukan dua aktris pemenang Academy Award, Anne Hathaway dan Jessica Chastain.

Mothers’ Instinct menceritakan Alice (Jessica Chastain) dan Celine (Anne Hathaway), dua tetangga yang bersahabat baik. Mereka hidup bahagia dengan suami dan sama-sama memiliki satu orang anak laki-laki yang juga berteman baik di sekolah.

Semua itu berubah setelah anak Celine, Max (Baylen D. Bielitz) meninggal usai terjatuh dari balkon lantai dua rumahnya. Celine semakin kecewa ketika tahu bahwa Alice menyaksikan kejadian tersebut dan tidak bergegas membantu Max di sana.

Anak Alice, Theo (Eamon Patrick O’Connell) yang merupakan teman mendiang Max juga berusaha menghibur Celine yang terus berduka. Kehadiran Theo menjadi harapan bagi Celine dan mereka mulai akrab sehingga Celine kembali menjalani harinya dengan normal.

Kedekatan mereka yang awalnya terlihat indah justru menimbulkan bibit kecemburuan dan pertanyaan bagi Alice. Perasaan Alice mulai curiga terhadap Celine yang berusaha dekat dengan Theo. Alice mulai mencari tahu apa hal yang ia curigai benar adanya.

Akting Jessica Chastain dan Anne Hathaway mencuri perhatian sepanjang film. Keduanya menampilkan ekspresi yang penuh ambiguitas dalam memerankan karakter seorang istri sekaligus ibu.

Anne Hathaway (Studiokanal)

Alhasil, tensi antara keduanya berkembang secara perlahan. Penonton akan melihat transisi dari bagaimana mereka memandang satu sama lain secara baik hingga berubah drastis. Narasinya juga mendukung bagaimana persaingan keduanya bergulir.

Revelationnya mungkin terasa panjang, tapi itu yang menjadi Mothers’ Instinct menarik diikuti. Dualitas antara karakter Alice dan Celine tentunya menimbulkan pertanyaan tentang apa tujuan mereka sebenarnya?

film Mothers' Instinct (Studiokanal)

Dibanding menaburkan plot twist, Delhomme menebar ketegangan melalui adegan demi adegan. Adegan percakapan yang sekilas terlihat biasa, justru mengandung makna tersembunyi yang menjadi alasan utama mengapa mereka berinteraksi.

Dengan latar cerita 1960-an, film ini juga menampilkan desain produksi dan visual yang menyenangkan. Konsep ceritanya mungkin banyak ditemui di berbagai film tapi eksekusinya bisa dinikmati terutama dengan akting kedua pemeran utamanya yang menarik.

Adapun, film Mothers’ Instinct tayang mulai hari ini, Jumat, 8 Maret di bioskop Indonesia.