Aktor 14 Menit <i>Little Miss Sunshine</i>, Alan Arkin Meninggal Dunia
Alan Arkin (Daniel McFadden/Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar duka datang dari dunia film. Aktor Alan Arkin meninggal dunia dan dikonfirmasi oleh ketiga anaknya: Adam, Matthew, dan Anthony.

“Ayah kami adalah talenta alam yang berbakat baik sebagai artis dan sebagai pria. Seorang suami, ayah, kakek dan buyut, akan selalu dipuja dan dirindukan,” begitu pernyataan pihak keluarga mengutip People pada hari ini, Sabtu, 1 Juli.

Pihak keluarga tidak menjelaskan penyebab meninggalnya sang ayah namun mereka berterima kasih atas dukungan dan doa dari publik.

Alan Arkin adalah seorang aktor yang berasal dari Brooklyn dan belajar akting sejak umur 10 tahun. Ia bergabung dengan kelompok komedi di tahun 1960-an dan menapaki debut dengan peran kecil dalam film musikal Calypso Heat Wave.

Kemudian ia mulai membintangi sederet panggung Broadway dan mendapat respons yang baik. Arkin sempat membangun karier musik dengan membuat grup bernama The Tarriers di mana ia menempati posisi vokalis dan gitar.

Besar di Broadway, Alan Arkin melakoni lebih dari 100 judul film. Selama kariernya ia meraih empat nominasi Oscar, beberapa di antaranya datang dari film The Russians Are Coming, The Russians Are Coming.

Selain itu beberapa film yang ia bintangi di antaranya Edward Scissorhands (1990), Little Miss Sunshine (2006), Marley & Me (2008), Argo (2012), Dumbo (2019), serta Glengarry Glen Ross (1992).

Dalam film Little Miss Sunshine, Alan Arkin berperan sebagai Edwin Hoover. Perannya yang muncul 14 menit membuatnya memperoleh Best Supporting Actor di ajang Oscar.

Menjelang akhir hidupnya, Alan Arkin mengisi suara dalam film Minions: The Rise of Gru di tahun 2022. Ia juga membintangi serial The Kominsky Method sebelum keluar dari serial itu pada tahun 2021.

Sederet aktor dan pelaku film memberi tribut kepada Alan Arkin. Abigail Breslin yang berakting dengan Arkin dalam film Little Miss Sunshine memberi pernyataan, “Alan Arkin adalah aktor yang lucu dan terbaik yang pernah saya temui. Kami mungkin tidak memiliki hubungan di dunia nyata tapi dia akan selalu menjadi Kakek di hati saya. Saya mengirim belasungkawa kepada istrinya Suzanne dan keluarganya.”

Anne Hathaway yang sempat beradu akting dalam film Get Smart juga membuat tribut dalam akun Instagram-nya.

“Alan Arkin adalah seorang permata, dan saya beruntung bekerja dengan dia di Get Smart. Dia adalah orang yang baik, pendukung, pro, dermawan, tulus, bijak, ingin tahu dan contoh fantastis tentang bagaimana menjadi seorang seniman,” tulis Anne Hathaway.

Alan Arkin meninggal dalam usia 89 tahun dan meninggalkan Suzanne Newlander yang ia nikahi pada tahun 1996 serta ketiga anaknya. Dua dari pernikahan dengan istri pertama Jeremy Yaffe dan satunya dengan Suzanne.