Serial <i>Ratu Adil</i> Hadirkan Potret Kekuatan Ibu Rumah Tangga
Produser penulis sutradara Ratu Adil (Vidio)

Bagikan:

JAKARTA - Serial Ratu Adil akan menghadirkan cerita yang menegangkan dari seorang ibu rumah tangga yang berubah dalam semalam. Cerita bergenre crime drama ini digarap oleh Tommy Demo dan Ginanti Rona serta diproduseri Timo Tjahjanto.

Menariknya, cerita ini digarap pertama kali oleh Sigi Wimala hingga akhirnya dikembangkan bersama Upi Avianto. Dian Sastrowardoyo menjadi pemeran utama dalam serial ini.

“Kita mulai development yang kita penguin eksplor mitos 9 Naga yang mengontrol bisnis keluarga. Waktu itu saya ngobrol sama Sigi dan Sigi bilang bagaimana kalau sudut pandang perempuan yang tidak tahu dunia tersebut,” cerita Timo Tjahjanto pada konferensi pers serial Ratu Adil.

“Saya pikir itu jauh lebih menarik, karena sudut pandang ibu rumah tangga dua anak yang banyak relate. Seperti istilah ikan kecil masuk akuarium hiu itu sangat apply dalam situasi ini,” katanya.

Sigi dan Upi menjelaskan, keduanya baru bertemu dua tahun lalu untuk mengembangkan cerita Ratu Adil. Awalnya mereka ingin berfokus dengan sisi dramanya hingga mereka menambahkan transformasi seorang ibu.

“Seorang ibu, ngurus anak, bosen, terus dikasih tugas sama Timo disuruh baca. Briefnya 9 Naga terus setelah banyak baca terciptalah 30 karakter. Kalau nulis memang lebih gampang put yourself into story. Karena imajinasinya Lasja (karakter utama) itu ibu rumah tangga 2 anak yang jadi gangster,” kata Sigi Wimala.

“Saya baru terima ceritanya Oktober 2022 dari Winky (V. Olindo) yang dibuat sama Timo dan Sigi. Baca cukup banyak. Waktu itu karakternya banyak dan ceritanya ambisius banget. Akhirnya saya dan tim mau buat crime drama tapi dari sudut pandang perempuan,” kata Upi Avianto.

Judul Ratu Adil juga dibuat oleh Sigi Wimala di mana ia memikirkan salah satu sebutan itu dari film yang ia tonton. Tommy dan Ginanti pun bekerja sama untuk menciptakan serial ini dengan porsi yang pas.

“Ini dari film Joko Anwar yang Kala dan menyebut Ratu Adil. It’s stuck with me. Sampai saat itu artinya ya gimana we’ll just keep it,” lanjut Sigi.

Ratu Adil menceritakan Lasja (Dian Sastrowardoyo), seorang ibu rumah tangga yang hidupnya berubah setelah berhadapan dengan komplotan 9 Naga. Di sisi lain, Lasja juga menghadapi The Bastards, sekumpulan anak yang tidak dianggap dengan tujuan mereka.

Serial Ratu Adil bisa disaksikan di Vidio mulai 29 Februari 2024.