Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan singgung ketimpangan fasilitas kesehatan di Indonesia, Selasa 16 Januari.

Anies dalam acara dialog Komunitas Profesi dan Asosiasi Kesehatan (Kompak) secara virtual mengatakan, fasilitas kesehatan berupa Rumah sakit dan tenaga dokter masih terkonsentrasi di Pulau Jawa dan Sumatra.

"Bidang kesehatan maka kita lihat 64 persen dokter dan 74 persen Rumah Sakit itu berada di pulau Jawa dan Sumatra," kata Anies, Selasa 16 Januari.

Sedangkan berdasarkan data yang dimiliki Anies, sebanyak 68 persen rumah tangga yang berada di luar Jawa dan Sumatra merasakan kesulitan mengakses Rumah Sakit.

"Ini adalah potret ketimpangan yang di Indonesia, itu sebabnya mengapa kita misinya adil makmur untuk semua, jangan adil makmur untuk sebagian," ucap Anies.

Dari potret itu menurut Anies tidak ada pilihan lain untuk mempercepat pembangunan manusia di seluruh wilayah Indonesia agar ketinggalan bisa dikoreksi agar maju bersama.

Capres nomor urut satu pun memaparkan agenda strategis, diantaranya:

Pertama, penguatan peran Puskesmas dan pemberdayaan masyarakat, pelayanan rumah sakit dan kesejahteraan serta perlindungan tenaga kesehatan.

Kemudian agenda pembiayaan kesehatan, kemandirian farmasi dan alat kesehatan, pengendalian penyakit dan ketahanan kesehatan.