8 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Menghilangkan Bulu Halus di Wajah
Ilustrasi (Mart Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tumbuhnya bulu halus di wajah dapat menjadi masalah umum bagi banyak orang. Dan dari serangkaian metode penghilang bulu seperti waxing, threading, dan laser. Masih ada segelintir orang yang lebih suka menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bulu.

Dilansir dari laman Times of India, Selasa, 30 Januari, berikut beberapa pengobatan rumahan dengan bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bulu wajah.

Pasta Kunyit

Campurkan pasta kunyit dengan air atau susu untuk menghasilkan konsistensi pasta yang pekat. Kemudian, aplikasikan pasta kunyit tersebut ke area bulu halus di sekitar wajah yang ingin dihilangkan. Diamkan sampai mengering, lalu pijat lembut dengan gerakan memutar. 

Kunyit dikenal dengan zat antiinflamasinya dan telah digunakan sejak lama oleh pakar kecantikan dalam menghilangkan bulu.

Masker tepung besan dan air mawar

Campur tepung besan dan air mawar menjadi pasta. Aplikasikan pasta tersebut di wajah dan fokuskan pada area yang berbulu. Biarkan hingga kering lalu gosok. Tepung besan berfungsi mengeksfoliasi kulit sedangkan air mawar melembutkan dan menambah kesan segar saat kulit wajah disentuh.

Masker putih telur

Ambil bagian putih telur dan kocok hingga berbusa. Oleskan pada wajah hingga cairan mengering. Saat kering, kupas atau cuci wajah dengan lembut. Metode ini dipercaya dapat membantu mengencangkan kulit dan menghilangkan bulu halus di wajah.

Masker pepaya dan kunyit

Blender pepaya mentah dengan sejumput bubuk kunyit. Oleskan ke wajah dan pijat lembut. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dicuci bersih. Pepaya mengandung enzim yang dapat melemahkan folikel rambut, sedangkan kunyit berkontribusi dalam memberikan efek antiinflamasi.

Scrub lemon dan gula

Campurkan gula dengan air lemon untuk menghasilkan scrub. Lalu, aplikasikan scrub ini ke wajah yang berbulu sembari digosok dengan gerakan memutar. Bilas dengan air hangat. Lemon berperan sebagai pemutih alami sementara gula dapat membantu eksfoliasi.

Scrub pisang dan oatmeal

Blender pisang mentah dan oatmeal untuk membuat pasta kental. Lalu aplikasikan pada kulit wajah dan diamkan sekitar 15-20 menit. Lalu, gosok perlahan hingga butiran scrub hilang dari wajah. Oatmeal dapat mengeksfoliasi sedangkan pisang mengandung sejumlah nutrisi baik bagi kulit. 

Kentang dan kacang lentil

Rendam kacang lentil kuning semalaman dan haluskan hingga menjadi pasta. Parut kentang dan ambil air hasil ekstraknya. Campurkan pasta kacang lentil dengan air ekstrak kentang, lalu oleskan pada wajah. Biarkan mengering sebelum digosok secara perlahan. Lentil diketahui menghambat pertumbuhan rambut sedangkan kentang dikenal dapat mencerahkan kulit.

Teh spearmint

Teh spearmint atau teh yang dibuat dari seduhan daun mint tinggi antioksidan dan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa penelitian menyarankan konsumsi rutin teh ini untuk menghilangkan bulu berlebih pada wanita karena teh ini memiliki kandungan anti-androgenic.

Terkait