Upi Ungkap Keresahan Soal Suami Istri lewat Film <i>Sehidup Semati</i>
Sutradara, produser, pemain Sehidup Semati (Tari/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Upi berkolaborasi dengan Starvision Plus menghadirkan sebuah film horor thriller berjudul Sehidup Semati. Film ini merupakan salah satu konsep cerita yang dimiliki Upi sejak lama hingga akhirnya terealisasi dan siap tayang di awal tahun 2024 ini.

“Kami ingin persembahkan karya ini semoga menemukan makna dari Upi yang ingin disampaikan. Isunya sangat dekat dan semoga jadi ruang diskusi bagi kita,” kata Chand Parwez pada konferensi pers Sehidup Semati di Jakarta pada hari ini, Senin, 8 Januari.

Sehidup Semati mengisahkan Renata (Laura Basuki) yang menjadi korban kekerasan dari suaminya, Edwin (Ario Bayu). Renata menduga ada sosok perempuan lain yang ada di dalam rumah tangga mereka dan Renata bertekad menyelamatkan pernikahan mereka.

Keinginan Upi ingin membuat film Sehidup Semati berangkat dari keresahannya ketika melihat pemikiran mengenai istri yang harus patuh dengan suami. Ketika dirangkai pada tahun 2010, cerita ini mengalami pergantian konsep secara berulang kali.

“Pertama kali ketika saya membuat cerita ini, ada suatu hal yang mengusik saya. Seringkali dogma, keyakinan, ayat-ayat yang dipelintir dan disalahgunakan membuat posisi perempuan lemah dan rentan,” jelas Upi.

“Saya pengin bikin cerita ini supaya gak ada perempuan seperti Renata atau laki seperti Edwin. Awalnya susah karena genre yang umum dan ceritanya banyak orang yang berpikir isunya sensitif tapi isunya related,” lanjutnya.

Menariknya, tiga dari pemeran utama film ini merupakan pemenang Piala Citra. Laura Basuki sebagai pemeran utama merasa terkejut dipercaya bisa memerankan film ini.

“Aku gak pernah ketemu atau papasan dengan mba Upi jadi kaget ketika dihubungi pak Parwez untuk memainkan skrip ini. Aku didukung bermain di skrip yang solid dan aku juga didukung dengan artistik, kostum, make up,” kata Laura Basuki.

“Pas baca naskah, karakter Edwin memang sangat sensitif. Ada konsep yang dikedepankan karena Upi udah menyentil isu penting. Edwin itu juga simbol dari manifestasi dogma yg tidak benar,” kata Ario Bayu.

Adapun film Sehidup Semati akan tayang di bioskop mulai 11 Januari 2024.