Mengenal Onboarding Karyawan: Tahapan dan Manfaatnya bagi Pegawai Baru dan Perusahaan
Mengenal onboarding karyawan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Onboarding karyawan merupakan istilah yang familiar dalam dunia kerja atau karier. Namun masih tidak sedikit fresh graduate atau lulusan baru yang belum mengenal onboarding karyawan. Onboarding merupakan proses penting yang harus dijalani karyawan baru ketika awal bekerja. 

Seorang karyawan baru perlu menjalani masa onboarding untuk mengenal lingkungan dan budaya di perusahaan. Hal ini kerap disebut sebagai proses adaptasi budaya bagi karyawan baru untuk mengikuti culture dan mekanisme kerja di perusahaan. 

Meskipun karyawan sudah memiliki pengalaman atau skill yang bagus, mereka tetap perlu melakukan pengenalan karena setiap perusahaan memiliki culture dan etos kerja yang berbeda. Bagi Anda fresh graduate atau sedang melamar kerja, sebaiknya mengenal onboarding karyawan dan manfaatnya.

Apa Itu Onboarding Karyawan?

Onboarding dimaknai sebagai proses pengenalan dan adaptasi bagi karyawan baru. Onboarding juga diartikan sebagai proses naturalisasi budaya untuk new employe dalam menyerap budaya di perusahaan yang baru. 

Dalam proses onboarding, karyawan harus melalui serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mempelajari budaya dan mekanisme kerja di perusahaan baru. Kegiatan onboarding tidak hanya sekadar pengenalan pada peraturan perusahaan, namun juga meliputi SOP atau administrasi, rekan kerja, dan jobdesk atau tugas kerja yang akan diemban.

Pada proses onboarding karyawan, Human Resource Management (HR) berperan untuk mengenalkan karyawan baru kepada perusahaan dan pegawai yang ada. Selain itu, HR juga bertugas untuk membimbing dan mengintegrasikan karyawan baru ke dalam perusahaan. 

Proses onboarding dijalani oleh karyawan sebelum benar-benar mulai bekerja. Dengan bekal-bekal yang dilalui selama onboarding, karyawan siap bekerja sesuai dengan visi-misi, budaya, dan peran yang perlu dilakukan dalam perusahaan barunya. 

Berapa Lama Onboarding Karyawan?

Lamanya proses onboarding karyawan bisa berbeda-beda di setiap perusahaan. Ada perusahaan yang menerapkan proses onboarding hanya selama satu hingga beberapa hari saja. Namun ada pula perusahaan yang memberikan proses onboarding selama beberapa minggu dengan melibatkan serangkaian aktivitas. 

Proses onboarding umumnya tidak akan selesai hanya dalam waktu 1-2 hari saja. Onboarding karyawan biasanya terdiri dari serangkaian tahapan yang perlu dilakukan secara berkesinambungan. Tahapan-tahapan dalam proses onboarding karyawan meliputi pengenalan kantor, pengenalan tim, pemahaman tugas dan tanggung jawab, serta informasi terkait aturan dan prosedur di perusahaan. 

Manfaat Onboarding Karyawan

Onboarding karyawan tidak hanya memberikan kesempatan bagi karyawan baru untuk mempelajari lingkungan dan tanggung jawab kerja yang akan dijalani. Proses onboarding juga bermanfaatkan bagi karyawan supaya dirinya merasa diterima, nyaman, dan siap berkontribusi secara efektif kepada perusahaannya.

Proses onboarding tidak hanya bermanfaat bagi karyawan baru, namun juga berperan penting bagi perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat dari onboarding karyawan yang perlu Anda tahu:

Mempercepat Integrasi Karyawan Baru ke Dalam Tim 

Proses onboarding yang berjalan secara efektif akan mempercepat integrasi karyawan baru ke dalam tim kerjanya di perusahaan. Kondisi ini akan membuat karyawan baru merasa diterima dan nyaman bekerja di lingkungan yang baru. 

Dengan mengikuti proses onboarding, karyawan akan lebih cepat beradaptasi dan membangun hubungan yang baik dengan rekan-rekan di timnya. Dengan cara ini maka kolaborasi di dalam tim akan berjalan lancar meski ada anggota baru dan bisa menciptakan kerjasama yang efisien.

Meningkatkan Retensi Karyawan

Manfaat lain dari onboarding adalah untuk meningkatkan retensi karyawan. Proses onboarding membuat karyawan baru merasa didukung dan diberikan pemahaman yang jelas tentang tugas dan tanggung jawab mereka di perusahaan. 

Proses onboarding akan membuat karyawan cenderung lebih puas dan terikat dengan perusahaan. Hal ini pun berdampak baik untuk mengurangi tingkat turnover dan biaya yang terkait dengan perekrutan dan pelatihan karyawan baru.

Membangun Employer Branding

Proses onboarding yang efektif juga bermanfaat untuk membangun employer branding di perusahaan tempat kerja. Ketika karyawan baru merasa disupport dan diterima dengan baik pada hari pertama bekerja, mereka tidak akan ragu berbagi pengalaman positif ke orang lain mengenai perusahaan barunya. 

Dengan kepuasan karyawan baru saat proses onboarding, maka hal ini dapat meningkatkan daya tarik perusahaan bagi calon karyawan. Selain itu, testimoni atau kepuasan dari karyawan tersebut juga turut memperkuat citra perusahaan sebagai tempat yang ramah, inklusif, dan memberikan kesempatan pengembangan karier.

Memperbaiki Customer Experience

Proses onboarding karyawan juga memberikan manfaat lain untuk memperbaiki customer experience. Ketika karyawan baru bisa terintegrasi dengan baik ke dalam tim dan paham secara jelas mengenai peran mereka, maka ia bisa memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada pelanggan.

Demikianlah ulasan mengenal onboarding karyawan dan rangkaian kegiatan yang dijalani. Proses onboarding tidak hanya bermanfaat bagi karyawan baru, namun juga berguna untuk perusahaan dalam membangun dan mendorong kinerja pegawainya. Baca juga aturan karyawan jika ingin resign dari perusahaan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.