Mengenal Apa Itu Newsletter dan Manfaatnya bagi Perusahaan atau Bisnis
Ilustrasi newsletter (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apakah inbox email Anda kerap menerima pesan berisi promosi atau update dari suatu perusahaan. Pesan email tersebut dikenal dengan istilah newsletter. Banyak perusahaan yang menggunakan newsletter sebagai strategi marketing untuk menjangkau pelanggannya. Lantas apa itu newsletter dan apa fungsi atau manfaatnya?

Newsletter menjadi salah satu strategi marketing yang cukup efektif dijalankan di era digital. Biasanya newsletter berisi informasi terbaru yang dibagikan oleh perusahaan, mulai dari promo, layanan langganan, produk baru, dan lainnya. Pengertian apa itu newsletter perlu dipahami oleh pemilik bisnis maupun pelanggan. 

Apa Itu Newsletter?

Newsletter merupakan media informasi atau siaran berisi pesan singkat yang ditujukan kepada pembaca. Secara sederhana, newsletter bisa disebut sebagai email yang berisi informasi atau update terbaru dari perusahaan yang dibagikan kepada pelanggannya. 

Dalam dunia bisnis atau pemasaran, newsletter bisa diartikan sebagai strategi marketing untuk mempromosikan suatu produk, layanan, even, atau pemberitahuan khusus lainnya dari perusahaan kepada setiap pelanggan. 

Email newsletter akan dikirim bersifat ‘one on one’, yang disampaikan secara personal ke email pelanggan. Biasanya sasaran penerima newsletter adalah email pelanggan yang telah terdaftar atau merupakan subscriber perusahaan atau brand tersebut. 

Ada beberapa fungsi dari newsletter, yaitu sebagai media komunikasi dan penghubung antara perusahaan dan pelanggan, media publikasi dan penyebaran informasi tentang perusahaan, dan sebagai gambaran perusahaan bagi khalayak publik. 

Manfaat Newsletter

Perusahaan atau pemilik bisnis  bisa mendapatkan sejumlah manfaat saat menggunakan newsletter sebagai media penyebaran informasi. Berikut ini beberapa manfaatkan dari newsletter. 

Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Adanya newsletter bisa menjadi sarana untuk menjalin relasi atau menjaga hubungan dengan pelanggan. Selama ini banyak pelanggan yang hanya membeli produk kemudian lepas atau tidak mengikuti brand tersebut. Tidak sedikit audiens yang hanya mendaftar akun di sebuah brand atau bisnis, namun berhenti tanpa melanjutkan pembelian. Begitu pun dengan pelanggan setia yang sibuk dan tidak mengikuti brand tersebut. 

Untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan menjalin kedekatan dengan calon pembeli, perusahaan bisa mengirim newsletter ke email mereka. Saat pelanggan menerima newsletter, maka mereka bisa terus mengingat brand atau perusahaan Anda. 

Memudahkan Info Update Perusahaan kepada Pelanggan

Manfaat utama dari newsletter adalah supaya pelanggan bisa mengetahui informasi mengenai update terbaru dari perusahaan. Misalnya ketika ada produk baru, program promosi, even menarik, dan sebagainya. 

Perusahaan memang harus melakukan aksi jemput bola untuk membuat pelanggan tertarik dengan produk atau layanannya. Maka dari itu banyak perusahaan menggunakan newsletter untuk menyampaikan informasi atau penawaran kepada pelanggan. 

Menentukan Segmentasi atau Profil Pengguna

Newsletter juga berguna untuk menentukan segmentasi atau profil pengguna. Selain sebagai media informasi, newsletter juga dapat berperan sebagai media survei. Dari hasil penyebaran newsletter, Anda bisa mengetahui produk apa yang mendapat interest atau minat paling tinggi. 

Dapat Meningkatkan Penjualan

Manfaat lain dari newsletter adalah dapat meningkatkan konversi penjualan. Setiap newsletter biasanya akan disertakan arahan call to action (CTA) supaya audiens tergerak untuk melakukan tindakan yang diinginkan perusahaan. CTA bisa berupa ajakan untuk membeli produk, berlangganan, menggunakan layanan, mengikuti even, dan lainnya. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu newsletter dan manfaatnya dalam dunia bisnis. Newsletter merupakan pesan dari perusahaan yang ditujukkan kepada pelanggan yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencari atau membaca informasi. Dengan adanya newsletter, pelanggan tetap bisa mengetahui update dari brand atau perusahaan meski tidak mengikuti perkembangannya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.