Inilah 7 Jenis Email Marketing yang Dapat Meningkatkan Volume Penjualan
Ilustrasi email marketing (Foto: Pixabay/ProdeepAhmeed)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang kerap digunakan oleh marketer profesional. Hal ini karena email marketing dapat mendorong terciptanya brand awareness dan meningkatkan volume penjualan. Berdasarkan data Hubspot, 35 persen pemasar memilih mengandalkan pemasaran berbasis email untuk memasarkan produk di tengah transformasi digital dan tren digital marketing. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui jenis email marketing agar konsumen tertarik untuk membaca pesan elektronik yang sudah dikirimkan.

Jenis Email Marketing

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis email marketing yang dapat digunakan untuk sarana promosi dan penyebaran informasi terkait bisnis:

  1. Email penawaran khusus

Disadur dari Web FX. Email ini bisa dimanfaatkan untuk menawarkan promo diskon, kupon belanja, atau penawaran khusus lainnya kepada pelanggan. Sehingga pelanggan atau konsumen dapat segera mengambil keputusan pembelian produk atau layanan bisnis.

  1. Welcome email

Welcom email merupakan pesan elektronik yang berisikan kalimat sambutan dan ucapan terimakasih dari marketer untuk pelanggan setelah pelanggan mendaftarkan akun atau berlangganan dengan email bisnis.

Mengutip SendPulse, welcome email meliputi branding, visi-misi yang perusahaan tawarkan kepada pelanggan, dan pengenalan produk unggulan.

  1. Newsletter

Jenis email marketing yang berikutnya adalah newsletter. Pesan elektronik ini berisi pemberitahuan tentang promosi produk dan informasi baru daru suatu perusahaan kepada pelanggan subscriber.

Informasi yang bagikan ke pelanggan bersumber dari situs perusahaan yang mengacu pada pemasaran konten.

Kampanye dengan newsletter bertujuan untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan serta meningkatkan traffic website.

Karena jenis email ini melibatkan teks yang kompleks, para pemasar disarankan untuk mengirimkan dua sampai tiga email setiap pekan ke audiens yang menjadi target pasar. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan konten visual untuk menarik perhatian pelanggan.

  1. Email survei pelanggan

Jenis email marketing yang satu ini berfokus untuk menanyakan opini dan feedback pelanggan tentang produk atau layaan dengan lebih tertarget.

Survei pelanggan mencakup customer satisfaction score, net promoter score, milestone survey, atau customer effort score.

Informsasi yang didapat dari suvei pelanggan dapat dimanfaatkan untuk menyempurnakan strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

  1. Lead nurturing email

Lead nurturing email adalah pesan elektronik yang disampaikan pemasar kepada lead atau end user untuk menuntun mereka dari tahap consideration menuju decision.

Ini artinya, jenis email marketing ini dapat mendorong calon konsumen untuk melakukan pembelian dengan menunjukkan manfaat produk atau jasa yang ditawarkan.

  1. Spesial occasion email

Ini adalah jenis email yang dikirimkan pada saat momen spesial, baik momen spesial milik pelanggan maupun perusahaan.

Misalnya, dalam rangka merayakan hari ulang tahun atau hari libur nasional. Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan untuk bisa selalu terhubung dengan mereka.

  1. Email transaksional

Email transaksional bisa dimanfaatkan oleh pemasar atau marketer untuk memberitahukan perubahan yang dilakukan pada akun mereka.

Dikutip dari Indeed, email transaksional bertujuan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen.

Asal tau saja, click through rate email ini sangat tinggi karena konsumen menantikan email ini sebagai hasil dari tindakan yang telah dilakukannya.

Demikian informasi tentang jenis email marketing yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan brand awareness dan meningkatkan volume penjualan. Semoga artike ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.