<i>Marketing Campaign</i> jadi Solusi Tingkatkan <i>Brand Awareness</i>, Berikut Srategi yang Bisa Dipraktikkan
Ilustrasi marketing campaign (geralt-Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bisa dibilang, marketing campaign adalah kunci keberhasilan sebuah bisnis karena dapat meningkatkan brand awareness.

Brand awareness sendiri adalah istilah menggambarkan sejauh mana bisnis kamu dikenali oleh konsumen. Brand awareness sangat penting bagi sebuah bisnis, sebab konsumen cenderung membeli produk yang sudah mereka kenal.

Salah satu produk dengan tingkat brand awareness tinggi karena berhasil melakukan marketing campaign adalah Indomie—merek mie instan yang diproduksi oleh Indofood CBP.

Produk ini sangat melekat di hati masyarakat setelah aktif melakukan kampanye, baik di media konvensional maupun media online.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan marketing campaign, cari tahu dahulu tentang apa itu marketing campaign.

Pengertian Marketing Campaign

Marketing campaign adalah strategi marketing yang terorganisir dan juga terencana yang dibuat untuk meningkatkan brand awareness atau mendapatkan feedback dari konsumen.

Marketing campaign biasanya dikemas dengan sangat kreatif dan melibatkan banyak media agar produk atau jasa yang ditawarkan, dapat melekat di hati masyarakat.

Beberapa jenis media konvensional yang kerap digunakan untuk marketing campaign seperti televisi, radio, dan media cetak. Sementara kampanye di media online biasanya dilakukan di platform media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook dan lain sebagainya atau platform digital lain (web, e-commerce, dll).

Keberhasilan marketing campaign diukur dari konsistensi kampanye yang dilakukan serta fokus pada satu tema ataupun ide.

Tujuan Marketing Campaign

Seperti yang sudah disinggung di atas, marketing campaign digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Selain itu, marketing campaign juga bertujuan untuk:

  • Memperkenalkan produk baru
  • Membangun brand image pada suatu produk
  • Meningkatkan brand image yang sudah ada di pasaran
  • Mengurangi dampak berita negatif

Strategi Marketing Campaign

Dikutip VOI dari Glints, Rabu, 23 November 2022, berikut strategi marketing campaign untuk meningkatkan brand awareness:

  1. Mengoptimalisasi Pemasaran dengan Search Engine Marketing

Serach Engine Marketing (SEM) adalah strategi pemasaran di Internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman mesin pencari. Artinya, SEM bisa membuat produk Anda muncul pada halaman utama search engine result page.

Caranya, Anda bisa memasang iklan dengan memasukkan kata kunci (keywords) yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan.

Dengan begitu, produk Anda akan muncul di halaman pertama Google ketika calon konsumen menuliskan keywords yang berhubungan dengan produk Anda.

  1. Mengoptimalisasi Pemasaran dengan Search Engine Optimization

Sama dengan SEM, Search Engin Optimazation (SEO) juga memungkinkan website Anda tampil di halaman utama search engine result page. Dengan kata lain, SEO bisa meningkatkan pengunjung ke suatu website.

Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan banyak elemen ketika ingin mengggunakan SEO sebagai strategi marketing campaign, seperti backlink, keywords, dan lain sebagainya.

  1. Memaksimalkan Email untuk Pemasaran Produk

Anda bisa memanfaatkan email untuk melakukan marketing campaign. Caranya cukup mudah, cukup mengirimkan email yang berisi informasi produk, penawaran produk, promo, dan lain sebagainya kepada sejumlah konsumen potensial.

  1. Memanfaatkan Media Sosial
Ilustrasi membuat konten marketing di media sosial
Ilustrasi membuat konten marketing di media sosial (Pixabay)

Kampanye produk di media sosial sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness. Saat ini, ada banyak platform media sosial yang bisa digunakan untuk campaign.

Ketika melakukan kampanye di platform media sosial, Anda wajib membuat konten yang menarik agar calon konsumen dapat tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Anda juga bisa membuat konten media sosial yang terintegrasi dengan website agar marketing campaign lebih terarah.

Demikian informasi seputar marketing campaign. Semoga bermanfaat!