Mengenal Software HR Indonesia dan Manfaatnya Bagi Perusahaan
Software HR Indonesia kini menjadi hal yang banyak dibutuhkan di dalam perusahaan. (foto: dok: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Software HR Indonesia kini menjadi hal yang banyak dibutuhkan di dalam perusahaan untuk mengelola administrasi karyawannya. Seperti yang kita ketahui bahwa karyawan merupakan salah satu elemen penting dalam memajukan dan mengembangkan perusahaan.

Untuk itu segala hal yang berhubungan dengan karyawan merupakan hal penting yang harus dikerjakan dengan baik. Hal ini juga akan berhubungan langsung dengan efektivitas dan kinerja karyawan itu sendiri. Lantas bagaimana software HR Indonesia yang baik dan pengaruhnya terhadap perusahaan? Untuk menjawabnya kita simak pembahasan selanjutnya.

Mengenal Software HR Indonesia dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Secara sederhana, software HR Indonesia merupakan perangkat lunak yang memang dirancang khusus untuk bisnis dalam hal pengelolaan data dan informasi karyawan. Dengan software ini bagian HRD akan sangat terbantu dalam mengerjakan pekerjaannya khususnya pengelolaan sumber daya manusia pada perusahaan.

Sistem serta fitur yang ada dalam software akan membantu HR agar melakukan pekerjaan dengan cepat dan efisien. Tidak hanya itu, semua data yang dibutuhkan juga akan tersimpan dengan rapi, aman serta mudah dicari.

Manfaat Penerapan Software HR Indonesia pada Perusahaan

Ada banyak manfaat yang akan diberikan software terhadap efisiensi pekerjaan dalam perusahaan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat penerapan software HR Indonesia pada perusahaan :

1. Meminimalisir kesalahan

Sistem yang ada pada software ini dapat memproses pekerjaan secara otomatis, disini HR hanya perlu menjalankan perintah untuk melakukan eksekusi pada sebuah pekerjaan. Nantinya sistem yang akan mengeksekusi perintah tersebut, sistem akan bekerja secara akurat sehingga kesalahan seperti human error dapat diminimalisir.

2. Menghemat atau mengefisienkan waktu

Seperti yang telah disebutkan bahwa software ini akan bekerja secara otomatis sehingga akan menghemat banyak waktu. Fitur canggih yang ada pada software akan membuat pekerjaan lebih cepat diselesaikan, tentu hal ini akan sangat berbeda dengan pekerjaan yang dilakukan secara manual.

3. Mudah diakses

Dengan perkembangan teknologi membuat kini banyak software sudah berbasis online termasuk software ini. Software yang sudah berbasis online tentunya akan memudahkan untuk diakses, bahkan bisa diakses melalui handphone saja. Disini bagian HR dapat melakukan pengolahan data, pemantauan hingga pengambilan keputusan yang bisa dilakukan secepat mungkin.

4. Mempercepat pengembangan karyawan

Apabila berbagai hal mengenai karyawan ditangani dengan baik maka kualitas dan kapabilitasnya juga akan berkembang dengan cepat. Dengan software khusus untuk HRD akan memastikan hal tersebut dapat berjalan lancar.

Software akan mencatat semua data karyawan baik kemampuan, performa kerja hingga pelatihan yang dijalani. Dari sini HRD dapat melakukan analisis untuk memudahkan dalam perencanaan pengembangan karyawan.

Tidak hanya itu saja, berbagai data terkait promosi serta karir karyawan akan tersimpan dengan rapi. Bagian HRD akan dapat mengontrolnya sehingga asas keadilan untuk karyawan untuk berkembang akan lebih terjamin.

5. Lebih aman

Software HR Indonesia umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi terkini sehingga keamanan datanya sudah lebih terjamin. Dengan data yang tersimpan di penyimpanan digital tentu akan meminimalisir kerusakan seperti hilang maupun jenis kerusakan lain bila tersimpan dalam bentuk dokumen.

6. Memudahkan pemantauan karyawan

Dengan penggunaan software khusus untuk HRD membuat pemantauan karyawan dapat dilakukan setiap saat. HRD dapat mengetahui dengan cepat karyawan yang hadir maupun tidak karena cuti, sakit maupun izin lainnya.

Begitu juga sebaliknya, karyawan juga akan dengan mudah mengajukan cuti maupun izin tidak masuk kerja. Tidak hanya itu informasi seperti slip gaji, jadwal shifting, dll juga dapat diakses dengan mudah.

7. Memastikan kepatuhan

Software HR Indonesia bukanlah sebuah perangkat lunak yang stagnan, sebab software ini dapat menyesuaikan dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Dengan mengganti beberapa pengaturan maka software sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, hal ini juga sebagai bentuk kepatuhan perusahaan terhadap pemerintah.

8. Mengurangi penggunaan kertas

Penggunaan software juga akan secara otomatis untuk mengurangi penggunaan kertas di dalam perusahaan. Semua bentuk pengarsipan akan disimpan dalam database software sehingga dapat dikatakan lebih ramah lingkungan.

Fitur Utama Pada Software HR Indonesia

Meskipun pada prakteknya setiap perusahaan tentu mempunyai kebutuhannya tersendiri sehingga bisa saja software HR Indonesia antar perusahaan akan berbeda. Namun ada beberapa fitur utama yang harus ada dalam software seperti halnya :

1. Pengajuan cuti online

Fitur pengajuan cuti secara online merupakan salah satu fitur utama yang harus ada dalam software. Bagian HRD mempunyai tugas serta tanggung jawab dalam penghitungan sisa cuti hingga kebijakan cuti masing-masing karyawan. Dengan fitur cuti akan mempermudah HRD dalam pengelolaan cuti karyawan maupun pengajuan cuti oleh karyawan itu sendiri.

2. Absensi online

Software khusus untuk HRD ini juga dituntut untuk menyediakan fitur khusus untuk absensi karyawan secara online. Sebab absensi juga merupakan salah satu pekerjaan HRD, bahkan kini absensi juga dapat dilakukan via scan sidik jari hingga pengenalan wajah pada software.

Absensi yang dilakukan karyawan ini nantinya akan tersimpan langsung pada database software. Hal ini akan memudahkan HRD dalam memantau kehadiran karyawan sekaligus meminimalisir manipulasi data hadir karyawan yang dapat dilakukan pada absensi manual atau konvensional.

3. Klaim reimbursement

Fitur selanjutnya pada software HR Indonesia adalah klaim reimbursement yang akan memudahkan karyawan dalam pengajuan klaim kepada perusahaan. Sehingga kini karyawan dapat mengajukan klaim secara online melalui software saja. Pengajuan klaim dapat dilakukan dengan cepat sehingga perusahaan nantinya hanya perlu memproses klaim tersebut.

Pengajuan klaim yang efektif dan efisien tentunya akan menghemat banyak waktu serta tenaga. Selain itu pengajuan juga akan tercatat dengan baik sehingga meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi. Karenanya pastikan software yang akan dipilih mempunyai fitur yang satu ini.

4. Fitur BPJS Ketenagakerjaan dan Perhitungan Pajak

BPJS Kesehatan serta pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus ditanggung perusahaan, dan akan lebih baik bila software juga mempunyai fitur yang memudahkan untuk pembayaran kedua hal tersebut.

Fitur ini akan memudahkan penghitungan iuran BPJS maupun pajak masing-masing karyawan kemudian menggeneralisirnya. Tidak hanya itu, fitur juga akan memudahkan dalam pembayarannya sehingga akan sangat mengefisienkan waktu dalam pekerjaan ini.

5. Integrasi payroll

Software HR Indonesia juga dituntut mempunyai fitur untuk terintegrasi dengan payroll atau penggajian karyawan. Sebab salah satu komponen payroll yang utama juga berkaitan dengan kehadiran, cuti, lembur hingga kinerja dan prestasi karyawan. Fitur juga akan menghitung potongan yang ada pada penggajian karyawan, sehingga dengan adanya fitur ini HRD akan lebih mudah dalam mengerjakan payroll atau penggajian karyawan.

6. Fitur kas kecil

Fitur lainnya yang dibutuhkan dalam software adalah fitur kas kecil, umumnya juga dibutuhkan untuk berbagai hal. Contohnya adalah untuk mendukung proses klaim reimbursement dan lainnya, karenanya fitur ini juga merupakan salah satu fitur wajib yang harus ada.

Pengelolaan kas kecil pada umumnya juga akan terintegrasi dengan sistem payment gateway yang memudahkan proses klaim reimbursement. Disini kalian akan lebih cepat diproses dimana klaim dapat langsung dibayarkan ke rekening karyawan secara langsung.

7. Slip gaji

Salah satu fitur utama yang dibutuhkan pada software HR Indonesia adalah slip gaji yang dapat diakses langsung oleh karyawan. Dengan begitu karyawan dapat mengetahui rincian pada gaji mereka secara detail. Hal ini juga membantu proses transparansi gaji karyawan sehingga mereka dapat mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi jumlah gajinya.

8. Laporan HR

Pada sebuah perusahaan setiap divisi juga diharuskan untuk membuat laporan terkait berbagai jenis pekerjaannya. Di dalam software semua data yang dibutuhkan karyawan akan tersimpan dengan rapi dan selalu terupdate bila terjadi perubahan. Selain itu software juga dapat mengolah berbagai data tersebut untuk menjadi laporan yang mudah dipahami.

Tidak hanya itu saja, semua data tersebut juga terekam dan terupdate secara real time sehingga tidak perlu diragukan keabsahannya. Bahkan bagian HRD juga dapat menarik data tersebut sewaktu-waktu bila diperlukan untuk keperluan pembuatan laporan.

9. Database karyawan

Fitur terakhir yang harus ada dalam software HR Indonesia adalah fitur untuk database khusus karyawan. Dengan database karyawan ini tentunya akan memudahkan perusahaan dalam hal kelengkapan administrasi. Dengan begitu berbagai data yang berkaitan dengan masing-masing karyawan dapat tersimpan secara lengkap.

Sebab fitur database ini nantinya akan terintegrasi dengan seluruh fitur yang ada dalam software. HRD nantinya akan sangat terbantu dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas pekerjaannya terkait dengan karyawan perusahaan.

Rekomendasi Software HR Indonesia Terbaik Mekari Talenta

Semua fitur canggih dan manfaat tersebut bisa Anda dapatkan bila menggunakan software HR Indonesia terbaik Mekari Talenta. Talenta sendiri merupakan salah satu pengembang aplikasi dan software khusus untuk bisnis yang telah berpengalaman dan terpercaya.

Talenta merupakan salah satu pengembang aplikasi dan software bisnis terpercaya dengan banyak kliennya. Sebagai gambaran, Anda dapat mengetahui info software lebih lanjut melalui https://www.talenta.co yang merupakan website resminya.

Dengan software khusus HRD Mekari Talenta akan membuat perhitungan gaji hingga rekapitulasi data karyawan dapat dilakukan secara otomatis tanpa perlu mengandalkan microsoft excel lagi. Software yang berbasis cloud ini akan memudahkan Anda dalam merekap data karyawan, perhitungan gaji dan berbagai pekerjaan personalia lainnya dengan mudah.

Untuk keamanannya sendiri Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab selain terpercaya dan berpengalaman, software Talenta telah menggunakan standar Internasional dalam hal keamanannya. Sehingga semua data perusahaan Anda yang bersifat rahasia akan terjamin keamanannya baik oleh pihak luar maupun pengembang sendiri.

Proses administrasi seperti pengajuan cuti dan lembur dapat dilakukan secara sistematis melalui software tanpa memerlukan birokrasi yang rumit. Selain fitur reimbursement-nya juga akan memudahkan karyawan dalam pengajuan klaim bila menggunakan uang pribadi ketika bekerja dari rumah maupun dinas luar.

Tidak hanya itu, software HR Indonesia Talenta juga dapat terintegrasi dengan sistem payroll. Disini software dapat menghitung berbagai komponen gaji seperti gaji pokok, tunjangan, insentif, potongan hingga pajak secara otomatis. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi dalam menghitung gaji karyawan.

Meski begitu software Talenta juga dapat disesuaikan dengan kondisi real yang ada pada perusahaan Anda. Sehingga software bisa sesuai dengan kondisi perusahaan Anda demi kenyamanan penggunanya.

Talenta juga menyediakan uji coba gratis untuk software untuk calon kliennya, Anda dapat menentukan sendiri apakah software memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk informasi software maupun aplikasi bisnis lainnya bisa Anda dapatkan di Talenta.co dan dapatkan dukungan dari tim ahli yang profesional dan berpengalaman.