6 Keunggulan <i>Software</i> HRD untuk Perusahaan yang Wajib HRD Tahu!
Karyawan merupakan sumber daya perusahaan yang wajib untuk Anda kelola dengan baik. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Karyawan merupakan sumber daya perusahaan yang wajib untuk Anda kelola dengan baik. Karyawan yang kompeten dan loyal ini akan bisa menaikkan performa perusahaan. Karena alasan inilah penanganan karyawan harus dilakukan secara serius oleh Human Resources Management (HRM).

HR ini juga memiliki tugas dan peranan penting dalam perusahaan. Tugas maupun kewajiban HR ini sangat banyak sehingga tidak jarang urusan SDM ini sering tidak maksimal. Saat HR merasakan performanya sudah tidak maksimal, maka saat itulah HR membutuhkan bantuan berupa software seperti software HRD terbaik.

Software HRD terbaik ini merupakan singkatan dari Human Resource Information System (HRIS) yang aman menjadi software aplikasi komputer yang mana bisa digunakan untuk mengatur. Selain itu, software HRD terbaik juga mengelola manajemen SDM di perusahaan untuk mendukung pengambilan keputusan. Software HRD terbaik ini merupakan penyelesaian dari entry data, melacak data dan juga kebutuhan informasi data SDM, penggajian, manajemen maupun fungsi akuntansi di dalam sebuah perusahaan.

Keunggulan Software HRD terbaik

1. Lebih Hemat Waktu

Inilah keunggulan software HRD terbaik untuk perusahaan yang wajib untuk Anda perhatikan. Manfaat dan keunggulan ini yang akan perusahaan Anda rasakan saat pertama kali menggunakan software ini. Perusahaan Anda bisa mudah mengakses data sampai dengan proses penarikan data yang lebih cepat dan akurat sehingga hemat waktu.

Dengan data tersebut perusahaan Anda akan bisa membuat laporan dan keputusan secara cepat dan akurat. Tidak hanya HR saja yang pekerjaannya bertambah ringan, namun karyawan juga mudah dalam mengakses data-data pribadinya.

2. Mengurangi Data yang Redundan dan Kesalahan

Banyaknya tugas dan tanggung jawab yang harus ditangani, membuat kesalahan data sering terjadi sehingga data tersebut tidak real-time. Tidak hanya itu saja, jika masih menggunakan cara manual akan banyak kesalahan data di mana data yang sudah dicatat atau dimasukkan akan dicatat kembali ke dalam buku atau arsip manual.

Software HRD terbaik ini memungkinkan data yang redundan bisa terdeteksi bahkan karyawan tidak akan bisa memasukkan data yang sama persis dengan yang sudah masuk ke dalam sistem perusahaan Anda tersebut. Karena mengusung integrasi, maka bisa segera melihat update atau perubahan yang terjadi pada data yang ada di sistem software HRD terbaik. Dengan begitu,HR akan mendapatkan data yang sebenar-benarnya dan juga real-time. Administrasi HR bisa dilakukan dengan baik pada sistem ini sehingga bisa meminimalisir kesalahan yang terjadi.

3. Meningkatkan Produktivitas

Inilah keunggulan software HRD terbaik untuk perusahaan yang banyak dilirik oleh perusahaan. Agar bisa meningkatkan daya saing yang dimiliki oleh perusahaan, penting untuk bisa meningkatkan produktivitas. Sebagian besar waktu HR ini akan dihabiskan untuk mengisi, menganalisis dan memanajemen data karyawan. Fokus HR sering pada administrasi perusahaan dan karyawan saja seperti formulir tunjangan, data absen, cuti dan lain sebagainya.

Padahal tugas HR tidak hanya itu saja, masih ada banyak tugas HR lainnya yang mengantre. Dengan menggunakan software HRD terbaik ini, Anda bisa meningkatkan produktivitas HR secara keseluruhan. Software HRD terbaik dirancang untuk digunakan untuk bisa mempercepat proses administrasi. Selain itu, pekerjaan HR lainnya akan bisa dihandle dengan menggunakan software HRD terbaik ini. Software HRD terbaik bisa mempersingkat dan juga memudahkan semua proses dan tugas HR sehingga tidak memakan banyak waktu maupun tenaga.

4. Hemat Pengeluaran

Keunggulan software HRD terbaik adalah bisa menghemat pengeluaran perusahaan. Waktu dan juga uang ini menjadi hal yang penting dalam bisnis. Waktu adalah uang, semakin banyak waktu dikeluarkan untuk suatu tugas maka akan semakin banyak uang yang dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan menggunakan software HRD terbaik, Anda mampu mengurangi pengeluaran perusahaan dalam berbagai bidang. Rekrutmen karyawan akan sangat terbantu dengan software HRD terbaik, meskipun perekrutan karyawan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan proses yang harus dilalui tidak sedikit.

Proses perekrutan karyawan akan sangat terbantu karena tim HR tidak harus menghabiskan waktu menyimpan semua data calon karyawan yang akan bekerja dalam bentuk fisik. Tidak hanya itu saja, dalam proses administrasi dan penggajian perusahaan akan bisa menghemat pengeluaran karena lebih minim kertas.

5. Kontrol Kinerja Pegawai

Banyaknya karyawan membuat perusahaan tidak fokus dalam mengamati dan memberikan penilaian terhadap karyawan. Dengan menggunakan software HRD terbaik, Anda bisa mengontrol kinerja pegawai dan membandingkan kinerjanya tersebut dengan target perusahaan. HR bisa membuat key performance indicator yang sebelumnya sudah ditetapkan dalam software HRD terbaik ini.

6. Lebih Transparan

Untuk bisa meningkatkan kepuasan dan kinerja karyawan semuanya harus transparan. Dengan bantuan software HRD terbaik ini perusahaan Anda akan bisa meningkatkan transparansi data. Karyawan bisa melihat gajinya secara transparan, lebih cepat, dan tepat. Tidak hanya itu saja, kepuasan karyawan akan meningkat karena komunikasi lebih mudah. Minimnya kesalahan dalam menghitung gaji atau pajak akan membuat kepercayaan pegawai terhadap perusahaan meningkat.

Inilah keunggulan software HRD terbaik Indonesia untuk perusahaan yang wajib untuk Anda perhatikan. Pastikan jika Anda memilih software terbaik dan terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, pilih vendor yang berpengalaman dan profesional dalam melayani kebutuhan perusahaan Anda.

Tips Memilih HR Software Indonesia dan Fiturnya yang Favorit

HR Software Indonesia ini sangat membantu kinerja HRD. Seperti yang banyak diketahui bahwa HRD ini memegang peranan paling penting di perusahaan karena berhubungan langsung dengan karyawan. Dalam hal ini karyawan adalah SDM perusahaan yang berfungsi sebagai penggerak roda bisnis. Berkualitas atau tidaknya SDM yang dimiliki oleh perusahaan ini sangat tergantung dengan HRD tersebut. Oleh sebab itu, jika operasional di departemen HRD ini masih manual hasilnya tidak akan pernah maksimal.

Di era yang semakin canggih dan modern ini dibutuhkan proses otomatis sehingga operasional akan lebih cepat dan akurat. Terlebih lagi jika perusahaan bisnis Anda ini memiliki banyak karyawan yang mana tidak bisa di monitoring satu per satu. Agar bisa mendapatkan HR Software Indonesia yang tepat ada beberapa tips memilih yang penting untuk Anda perhatikan seperti berikut ini:

1. Budget

Hal pertama yang penting untuk Anda perhatikan adalah budget. Jangan pernah memaksakan untuk menggunakan HR dengan fitur yang lengkap jika memang budget perusahaan Anda tidak bisa mencukupinya. Pilih software yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga sesuai dengan financial bisnis.

Meski begitu untuk menentukan budget yang tepat ini sangat tergantung dengan klasifikasi perusahaannya. Misalnya saja adalah budget penggunaan HR Software Indonesia untuk perusahaan dengan karyawan 50 dengan karyawan 100 tentu akan berbeda. Oleh sebab itu, memahami budget dan skala perusahaan terlebih dahulu ini akan sangat penting.

2. Pengalaman dan Reputasi

Tips memilih HR software selanjutnya adalah pilih yang berpengalaman dan memiliki reputasi bagus. Anda bisa membandingkan penawaran yang ditawarkan oleh vendor dengan testimoni perusahaan lain yang pernah menggunakan HR software tersebut. Apakah banyak yang puas dengan software yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut atau tidak.

Tingkat kepuasan perusahaan ini menjadi acuan tentang reputasi dan juga pengalaman vendor. Pastikan pula jika vendor tersebut sudah memiliki pengalaman yang cukup lama dalam software ini.

Fitur Software HRD Terbaik yang Wajib Ada

Setiap software HR ini memiliki fitur masing-masing sehingga pastikan jika fitur yang Anda pilih pas dengan kebutuhan perusahaan Anda. Untuk memastikan software tersebut benar-benar cocok untuk bisnis Anda, mintalah demo dan juga melihat langsung simulasi dari penggunaan software HR tersebut.

1. Keamanan

Software HR ini mampu menyimpan banyak data secara aman yang berhubungan dengan informasi tentang karyawan dan juga perusahaan dimana sifatnya adalah rahasia. Data adalah aset yang sangat penting jangan sampai data tersebut bocor ke pihak kompetitor bisnis Anda.

2. Fleksibilitas

Tips yang terakhir adalah pastikan jika HR software Indonesia tersebut mampu diimplementasikan ke komputer kantor sesuai dengan spesifikasi yang ada. Jika Anda membutuhkan fleksibilitas, pastikan untuk memilih HR software berbasis cloud yang bisa di akses melalui perangkat yang tersambung dengan komputer. Anda juga bisa mengakses software kapan pun dan di mana pun.

3. Fitur Favorit Perusahaan

Fitur ini sangat penting untuk perusahaan Anda karena berhubungan dengan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Ada beberapa fitur favorit yang sering menjadi andalan perusahaan. Fitur favorit yang pertama adalah online chat dimana dengan fitur ini antar karyawan atau pun seorang manajer yang memberikan umpan balik ke karyawan, dan lain sebagainya dengan mudah .

Fitur favorit selanjutnya adalah laporan secara berkala. Perusahaan juga akan bisa membuat laporan lebih mudah dan akurat dimana dengan laporan tersebut perusahaan Anda akan bisa mengambil keputusan lebih cepat dan tepat. Fitur yang terakhir adalah database karyawan yang memungkinkan bagi perusahan Anda untuk menyimpan data karyawan lebih mudah, selain itu Anda mudah untuk mengubah atau menambah data karyawan sehingga lebih efektif dan juga efisien.

Rekomendasi Software HRD Terbaik

Talenta by Mekari adalah software salah satu software HRD terbaik berbasis aplikasi yang mudah digunakan dan mudah terintegrasi dengan software-software lainnya. Jadi anda tidak perlu melakukan perombakan sistem ulang yang membutuhkan waktu yang lama.

Talenta adalah salah satu merk software HRD terbaik (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRD terbaik biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Anda bisa lihat website resminya di https://www.talenta.co/.

Demikianlah tips memilih HR software Indonesia dan beberapa fitur yang menjadi favorit perusahaan. Tentukan software yang cocok dengan perusahan Anda dengan tips yang telah dipaparkan di atas. Selamat mencoba!