Apa Itu Resume Tailoring dan Cara Menyusun Daftar Riwayat Kerja, Agar Langsung Dilirik HRD
Apa itu resume tailoring. (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Resume merupakan dokumen penting, selain curriculum vitae (CV), yang perlu dilampirkan dalam lamaran kerja. Dalam proses seleksi administrasi, interviewer atau HRD akan melihat resume Anda untuk dinilai kelayakan lolos atau tidaknya. Oleh karena itu, jobseeker wajib tahu resumen tailoring dan cara menyusun resume yang benar. 

Resume berisi penjelasan mengenai pengalaman kerja pelamar sesuai dengan profesi atau posisi yang diambil. Tidak sedikit jobseeker hanya berfokus pada pembuatan CV dan mengabaikan penyusunan resume. Padahal resume yang berisi riwayat pekerjaan juga menjadi penilaian penting HRD dalam proses screening kualifikasi pelamar kerja. 

HRD akan mengecek pengalaman kerja Anda, apakah memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan yang dicari oleh perusahaan. Supaya bisa menarik perhatian HRD dan lulus dalam seleksi administrasi, Anda perlu tahu apa itu resume tailoring dan bagaimana tips menyusunnya?

Apa Itu Resume Taylor?

Resume tailoring adalah penyusunan daftar pengalaman kerja agar sesuai dengan profesi atau posisi yang dilamar. Saat apply lamaran kerja, sebaiknya jangan membuat resume secara asal-asalan atau sembarang menuliskan riwayat kerja. 

Meski cukup bikin repot di awal, Anda harus menyusun resume dengan tepat agar berhasil lulus ke tahap selanjutnya proses rekrutmen kerja. Sebab resume ini menjadi bahan penilaian HRD untuk menentukan apakah pelamar sesuai dengan kualifikasi yang dicari perusahaan. 

Tidak hanya untuk mencocokkan pengalaman kerja dengan profesi yang dilamar, HRD juga menggunakan resume untuk menilai kepribadian Anda dalam profesionalitas kerja. HRD dapat melihat di perusahaan mana Anda bekerja, pencapaian yang pernah didapatkan, hingga seberapa sering berpindah-pindah kantor. 

Meski Anda memiliki segudang pengalaman di berbagai bidang, pastikan Anda memasukkan riwayat kerja sesuai dengan profesi yang dilamar dan disusun dengan baik. Langkah ini akan memperbesar peluang Anda untuk diterima kerja. 

Tips Resume Tailoring

Dalam proses rekrutmen kerja, ada ratusan hingga ribuan lamaran yang masuk dan harus diskrining oleh HRD. Demi efektivitas waktu, HRD biasanya memprioritas dokumen-dokumen lamaran yang menarik atau memiliki daya tawar yang dicari perusahaan. Oleh karena itu Anda perlu melakukan resume tailoring untuk bisa mencuri perhatian HRD. 

Berikut ini tips resumen tailoring yang perlu dilakukan oleh jobseeker saat melamar kerja:

Memasukkan Pengalaman Kerja yang Relevan

Saat menyusun resume, pastikan Anda memasukkan pengalaman kerja yang relevan. Jangan cantumkan semua riwayat pekerjaan apabila Anda pernah bekerja di berbagai profesi atau bidang. Dengan menyebutkan pengalaman yang relevan, akan memudahkan HRD dalam screening dan penilaian kualifikasi pelamar. 

Pengalaman Terbaru Diletakkan Paling Atas

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memasukkan pengalaman kerja dengan format kronologi terbalik. Jadi Anda harus meletakkan pengalaman kerja terbaru di posisi paling atas, lalu menurun ke pengalaman kerja terlama. 

Menulis Deskripsi Pekerjaan dengan Bullet Point

Format penulisan deskripsi pekerjaan sebaiknya ditandai dengan bullet point, bukan dalam bentuk paragraf. Cara ini akan membuat tulisan menjadi lebih jelas, singkat, dan tidak bertele-tele, sehingga memudahkan HRD melihat riwayat kerja. 

Memasukkan Kata Kunci atau Keyword

Tips lainnya yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan kata kunci atau keyword dalam penulisan resume. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan pekerjaan atau bidang yang dilamar, untuk tujuan memberi penekanan resume. 

Mencantumkan Skill yang Dimiliki 

Skill atau keahlian yang Anda miliki juga perlu dicantumkan dalam resume sebagai nilai tambah. HRD akan memperhitungkan keterampilan Anda, baik itu hard skill maupun soft skill.

Menyertakan Pencapaian yang Pernah Diraih

HRD juga lebih tertarik pada pelamar yang memiliki pencapaian atau prestasi sebelumnya. Jadi apabila memiliki pencapaian di bidang sesuai posisi dilamar, sebaiknya masukkan ke dalam resume. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu resume tailoring dan cara penyusunannya agar dilirik oleh HRD. Penyusunan resume yang baik dan memikat menjadi kunci Anda bisa lulus seleksi administrasi untuk ke tahap rekrutmen selanjutnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.