4 Tips Penulisan Deskripsi Diri di CV, Pasti Langsung Dilirik HRD
Penulisan deskripsi diri di CV (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Curriculum Vitae (CV) merupakan dokumen penting yang harus disiapkan oleh jobseeker sebaik mungkin untuk melamar kerja. Bagi Anda yang akan apply lowongan kerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan CV. Salah satunya adalah penulisan deskripsi diri di CV.  

Jobseeker harus bisa membuat CV semenarik mungkin agar bisa dilirik oleh HRD. Deskripsi diri menjadi bagian penting yang akan dilihat oleh HRD saat melakukan screening lamaran kerja yang masuk. Jadi pastikan penulisan deskripsi diri di CV harus jelas, singkat atau tidak bertele-tele, dan powerfull.

Saat membuat deskripsi diri, ibaratnya seperti menjual diri Anda agar orang tertarik untuk membeli. Dalam konteks lamaran kerja adalah supaya HRD atau recruiter berminat mengundang Anda untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Lantas bagaimana cara penulisan deskripsi diri di CV yang benar dan menarik?

Tips Penulisan Deskripsi Diri di CV

Tidak sedikit pelamar kerja yang membuat CV secara asal-asalan. Seringkali mereka menuliskan deskripsi diri seadanya dan tanpa pemilihan kata atau kalimat yang tepat. Padahal pada bagian deskripsi diri, Anda harus menjelaskan keterampilan atau skill yang dikuasai sesuai dengan posisi yang dilamar. 

Bagi Anda yang berencana melamar kerja, berikut ini tips penulisan deskripsi diri di CV agar dilirik oleh HRD:

Berikan Informasi secara Singkat dan Jelas

Banyak jobseeker mungkin ingin menuliskan deskripsi diri yang panjang karena memiliki banyak keterampilan dan pengalaman kerja. Padahal bagian deskripsi diri seharusnya ditulis secara singkat namun tetap jelas. Informasi yang dicantumkan dalam deskripsi diri tidak perlu terlalu panjang, cukup 1-3 kalimat saja. 

Saat menuliskan deskripsi diri, Anda harus selektif dalam memilih informasi yang mau dimasukkan. Bagi Anda yang memiliki banyak skill, sebaiknya tuliskan saja keterampilan-keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Selain itu, Anda bisa fokus pada kelebihan-kelebihan dari diri Anda yang bisa memberikan nilai plus dalam CV. 

Tunjukkan Keterampilan dan Pengalaman Kerja yang Relevan

Penulisan deskripsi diri harus Anda fokuskan pada keterampilan dan pengalaman kerja yang dimiliki. Mungkin Anda merupakan pekerja lama atau profesional dengan banyak work experience, namun sebaiknya masukkan saja pengalaman kerja yang relevan dengan posisi dan industri yang dituju. 

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Anda harus menonjolkan skil atau keterampilan yang dibutuhkan sesuai kualifikasi lowongan kerja. Selain itu, tidak perlu menulis semua riwayat kerja Anda dari awal sampai yang terbaru. Agar tidak terlalu panjang, Anda bisa memilih pengalaman kerja yang terbaru untuk paling atas dan diikuti beberapa experience lain yang bisa diunggulkan. 

Highlight Pencapaian Anda

Prestasi atau pencapaian yang Anda miliki akan menjadi nilai plus di mata HRD. Jadi penulisan deskripsi diri harus menekankan pada pencapaian Anda sejauh ini. Bagi fresh graduate, Anda bisa memasukkan daftar prestasi yang pernah diraih selama kuliah. Selain itu, Anda juga bisa menyebutkan kontribusi-kontribusi dalam organisasi atau kegiatan di kampus. 

Para pekerja profesional atau berpengalaman bisa menuliskan achievement selama bekerja. Misalnya Anda bisa menyebutkan tanggung jawab dan result dari hasil kerja Anda untuk posisi yang dipegang. Semakin bagus pencapaian Anda maka meningkatkan peluang CV Anda dipilih oleh recruiter. 

Menggunakan Angka dan Simbol

Selain memperhatikan isi atau konten yang disampaikan dalam CV, Anda juga perlu mengatur gaya penulisan. Salah satunya tipsnya adalah menggunakan angka dan sombol dalam penulisan deskripsi diri. Pemakaian angka dan simbol bisa Anda gunakan untuk menuliskan pencapaian, misalnya “berhasil meningkatkan traffic penjualan sebesar 50% setiap bulannya. 

Penulisan angka dan simbol akan lebih menarik perhatian recruiter saat membaca CV Anda. Selain itu, penggunaan angka dan simbol juga membuat deskripsi diri Anda lebih singkat, jelas, dan powerfull di mata HRD.

Demikianlah beberapa tips menulis deskripsi diri di CV yang harus Anda terapkan. Penulisan deskripsi diri harus dilakukan dengan singkat, to the point, jelas, dan penggunaan kata-kata powerfull untuk menarik minat HRD. Baca juga cara menulis perkenalan di LinkedIn untuk memikat recruiter. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.