Tips agar CV Terlihat Menarik dan Memikat HRD agar Diproses Lebih Lanjut
Ilustrasi CV (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen penting yang harus dimiliki jobseeker. CV dibutuhkan dan menjadi syarat ketika melamar pekerjaan. Dokumen ini harus disiapkan sebaik mungkin karena sangat mempengaruhi peluang jobseeker diterima kerja. Lantas bagaimana tips agar CV terlihat menarik di mata recrutment atau HRD. 

Saat melamar sebuah lowongan kerja, Anda akan bersaing dengan para jobseeker lainnya. Anda harus bisa membuktikan kepada HRD bahwa Anda lah pelamar kerja yang cocok untuk direkrut. Caranya dengan menunjukkan keterampilan, pengalaman, hingga prestasi Anda yang dituliskan dalam CV. Lantas seperti apa agar CV terlihat menarik sehingga Anda berpeluang besar diterima?

Tips agar CV Terlihat Menarik

CV merupakan dokumen yang berisi keterangan tentang diri Anda, mulai dari biodata singkat, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, skill, dan pencapaian yang Anda punya. Lewat CV inilah nantinya HRD akan melakukan profiling dan menilai apakah jobseeker layak diterima. 

Namun jangan hanya mengirimkan CV sekedarnya atau biasa saja. Dokumen CV Anda harus dibuat semenarik mungkin, mulai dari kata-kata, desain, dan tata letak yang eyecatching. Berikut ini tips agar CV terlihat menarik.

Penulisan Rapi dan Menggunakan Kata-Kata Powerfull

Keterangan dalam CV harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan rapi. Pastikan tulisan Anda sudah benar sesuai EYD. Hindari adanya typo dan kesalahan grammar jika menggunakan bahasa Inggris. 

Kata-kata dalam CV juga harus dipilih secermat mungkin. Gunakan kata-kata yang bersifat powerfull untuk menjelaskan diri Anda. Pakai kata-kata yang dapat mempengaruhi dan meyakinkan psikologi HRD ketika dia membaca CV Anda. 

Dibuat dengan Desain Kreatif

Tampilan CV penting Anda perhatikan. Buatlah CV dengan desain kreatif agar tampak menarik. Saat mendesain CV ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu warna, font, dan tata letaknya. Pilihlah warna yang enak dipandang dan font mudah dibaca, serta tata letak yang rapi dan tidak berantakan. 

Pastikan juga untuk membuat CV dengan gaya desain yang kekinian dan tidak jadul. Saat ini ada banyak platform desain yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat CV agar terlihat menarik. 

Sebuat Pengalaman yang Revelan dan Sertifikat Pelatihan

Pengalaman kerja Anda menjadi pertimbangan penting dalam penilaian HRD. Pastikan Anda menyebutkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Apabila pengalaman Anda sesuai dengan posisi yang dilamar, maka akan membuktikan bahwa Anda kompeten di bidang tersebut. 

Selain pengalaman kerja, Anda juga perlu menyertakan sertifikat pelatihan atau kursus. Sertifikat tersebut menunjukkan bahwa Anda menguasai suatu bidang. Adanya sertifikat akan menambah nilai plus diri Anda di mata HRD.

Demikianlah tips agar CV terlihat menarik di mata recruter atau HRD. Jadi jangan hanya membuat CV asal-asalan saja. Mengingat ada banyaknya jobseeker yang mengirim lamaran dan HRD tidak punya banyak waktu, maka CV yang menarik akan mencuri perhatian HRD sehingga berpeluang diproses lebih lanjut. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.