Bagikan:

YOGYAKARTA – Merekrut karyawan baru tidak boleh asal-asalan, butuh perencanaan yang matang agar kegiatan tersebut tidak menganggu cash flow perusahaan.

Lantas, kapan waktu yang terbaik merekrut karyawan?

Rekrutmen karyawan biasanya dilakukan ketika ada posisi yang kosong. Selain itu, perusahaan juga bisa menambah jumlah pegawai untuk mengurangi beban kerja, merealisasikan inovasi baru, hingga meningkatkan revenue bisnis.

Kapan Waktu Terbaik Merekrut Karyawan?

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, 3 Mei 2024, berikut ini adalah waktu terbaik menambah karyawan yang bisa dijadikan sebagai acuan.

1. Saat beban kerja semakin menumpuk

Waktu terbaik merekrut karyawan baru adalah ketika beban kerja semakin menumpuk atau bertambah.

Beban kerja yang menumpuk bisa membuat karyawan kehilangan produktivitas. Bila tidak segera merekrut pegawai baru, kondisi ini bisa membuat bisnis berjalan lambat bahkan merugi.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang sedang berkembang awalnya hanya melayani 50 pelanggan dalam sebulan. Akan tetapi, karena bisnis terus berkembang, jumlah konsumen bertambah menjadi 2 kali lipat. Bila kuantitas tenaga kerja tidak memadai, dan Anda memberikan tugas ganda kepada karyawan, staf tersebut bisa mengalami kewalahan.

Oleh sebab itu, ketika beban kerja di perusahaan bertambah, segera lakukan rekrutmen karyawan.

2. Saat omset perusahaan stabil

Rekrutmen karyawan juga bisa dilakukan ketika omset perusahaan sudah stabil. Hal ini agar tidak menganggu arus kas dan menambah beban keuangan perusahaan.

Sebelum menambah jumlah pegawai, Anda harus memperhitungkan gaji karyawan baru per bulan, tunjangan, asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan, serta allowance seperti uang transport.

Jika hal ini tidak dipikirkan matang-matang, hak pegawai berpotensi tidak terbayarkan karena keuangan perusahan goyah.  

Selain itu, perusahaan juga harus memerhatikan efektivitas para karyawan. Jangan menambah jumlah pegawai pada posisi yang sebenarnya sudah cukup, sebab berpotensi merusak keuangan perusahaan dan memberikan dampak buruk.

3. Saat ingin melakukan ekspansi bisnis

Waktu terbaik merekrut karyawan yang berikutnya adalah saat bisnis berkembang pesat dan berencana melakukan ekspansi.

Ekspansi adalah usaha untuk memperluas jangkauan dan ukuran bisnis dengan tujuan menambah profit. Perusahaan yang sedang melakukan ekspansi membutuhkan karyawan baru untuk mengisi posisi kosong di kantor cabang.

Selain itu, merekrut karyawan baru juga memberikan keuntungan bagi perusahaan, seperti membawa perspektif baru, menambah tim yang kompeten, menyeimbangkan beban kerja, hingga meningkatkan fokus di kalangan karyawan.

4. Saat membutuhkan tenaga kerja yang ahli

Perusahaan yang sedang melakukan ekspansi, biasanya membutuhkan tenaga kerja ahli untuk mengisi posisi manager atau C-level.

Selain itu, perusahaan mungkin saja menambah jumlah staf, apabila tidak memiliki posisi atau skill tertentu. Misalnya, perusahaan mempekerjakan seorang yang ahli di bidang digital marketing agar promosi berjalan lebih efektif.

5. Banyak pekerjaan yang terabaikan

Waktu terbaik merekrut karyawan yang terakhir adalah ketika banyak pekerjaan yang terbaikan. Terlebih jika berkaitan dengan inti bisnis dan pelanggan.

Misalnya, posisi customer servica kurang tanggap merespon keluhan pelanggan karena banyak konsumen yang mengajukan komplain. Jika dibiarkan, perusahaan akan kehilangan kepercayaan dari pelanggan.

Demikian informasi tentang kapan waktu terbaik merekrut karyawan. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.