Gojira Lepas Lagu Tunggal <i>Born For One Thing</i>, Konfrontatif tapi Penuh Kasih
Gojira (instagram @gojiraofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Gerombolan metal progresif dari Prancis, Gojira akan merilis album baru yang ditunggu-tunggu penggemar. Fortitude demikian judulnya, rencananya hadir 30 April mendatang via Roadrunner Records. 

Single pertama, Born For One Thing telah diluncurkan 17 Februari kemarin. Lagu ini tersedia di semua platform streaming dan disertai video musik resmi arahan Charles De Meyer di Prancis dan Belgia. 

Tersedia untuk pre-order sejak hari perilisan single-nya, album Fortitude merupakan album pertama Gojira dalam lima tahun. Ini adalah tindak lanjut dari Magma yang dirilis 2016.

Seolah-olah melepaskan kulit dan memamerkan baju besi mereka, Born For One Thing mewakili evolusi alami untuk band fenomenal Prancis ini: fokus berlebihan tetapi tidak tertekuk, konfrontatif namun penuh kasih. 

"Kami harus berlatih melepaskan diri dari segalanya, dimulai dengan hal-hal yang nyata," kata vokalis/gitaris Joseph Duplantier tentang pesan anti-konsumeris lagu tersebut, yang sebagian diilhami oleh filsuf Tibet dan Thailand yang dia baca di masa mudanya di Prancis.

"Kurangi kepemilikan, dan berikan apa yang tidak kamu butuhkan, karena suatu hari kita harus melepaskan semuanya, dan jika tidak, kita hanya akan menjadi hantu yang terjebak di antara dimensi," sambung dia.

Direkam dan diproduksi Joseph Duplantier di Silver Cord Studio - markas Gojira di Ridgewood, Queens - dan di-mixing oleh Andy Wallace (Nirvana, Rage Against The Machine), Fortitude adalah kumpulan lagu yang mendorong umat manusia untuk membayangkan dunia baru - dan kemudian menjadikannya kenyataan. 

Band ini awalnya meletakkan dasar untuk Fortitude tahun lalu melalui perilisan lagu tunggal Another World. Lagu ini dihujani respons positif baik oleh penggemar maupun media.

Fortitude sendiri melanjutkan tradisi sepanjang karier Gojira dalam memanfaatkan musik mereka sebagai kendaraan untuk aktivis lingkungan dengan lagu-lagu seperti Amazonia dan The Chant. Bukan hanya menyurvei kasus kritis, tetapi juga mengatalisasi pendengar untuk mengambil tindakan.

Daftar lagu di album Fortitude:

01. Born For One Thing

02. Amazonia

03. Another World

04. Hold On

05. New Found

06. Fortitude

07. The Chant

08. Sphinx

09. Into The Storm

10. The Trails

11. Grind