Profil Moderator Debat Capres-Cawapres, Alfito Deannova Lulusan Akuntansi yang Memilih Jadi Jurnalis
Alfito Deannova Gintings (Instagram @alfitodeannovagintings)

Bagikan:

JAKARTA - Debat capres-cawapres bagian kedua akan kembali dilaksanakan pada Jumat, 22 Desember di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan. Seperti debat sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memilik sosok yang dipercaya untuk menjadi moderator pada acara debat kali ini.

Alfito Deannova menjadi salah satu orang yang ditunjuk oleh KPU untuk memimpin jalannya debat capres-cawapres kali ini. Tetapi siapakah sosok Alfito Deannova itu sendiri? Berikut ulasannya!

Pemilik nama asli Alfito Deannova Gintings ini merupakan seorang sarjana yang menempuh pendidikan Akuntasi di Universitas Indonesia pada tahun 2000, kemudian ia melanjutkan pendidikan S2-nya dengan mengambil jurusan magister komunikasi politik di Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2007.

Semasa kuliah, Alfito memang sudah dikenal cukup aktif dalam bidang penyiaran semenjak masih duduk di bangku kuliah seperti menjadi penyiar radio Suara Kejayaan pada tahun 1996 hingga 1999.

Pasca menyelesaikan pendidikan kuliahnya, Alfito memulai karirnya dengan bergabung menjadi reporter di stasiun televisi SCTV pada tahun 2007.

Selama bekerja di sana ia pernah meliput peristiwa-peristiwa penting seperti bom di Kedutaan Filipina di Jakarta pada Agustus 2000, arus balik mudik lebaran Pelabuhan Penyeberangan Merak, hingga kondisi peralihan kepemimpinan Abdurrahman Wahid kepada Presiden Megawati Soekarnoputri.

Setelah, berkarir di SCTV, Alfito melanjutkan petualangan karirnya dengan pindah ke stasiun televisi TV One hingga tahun 2015. Selama di TV One, Alfito dipercaya untuk menduduki beberapa jabatan seperti Manager Talkshow Berita TV One pada tahun 2007-2010, Manager Feature and Documentary TV One pada tahun 2010-2011, General Manager News Gathering TV One pada tahun 2011-2012, serta General Manager Current Affairs TV One pada tahun 2012-2015.

Selanjutnya Alfito juga pernah bekerja sebagai Direkutur CNN Indonesia hingga tahun 2019 yang dilanjutkan dengan kenaikan jabatan sebagai CEO CNBC Indonesia pada tahun 2018-2022. Akhirnya, Alfito berpindah ke Detik.com dan Direktur Konten PT Trans Digital Media untuk Detik Networks dengan jabatan sebagai Pemimpin Redaksi pada tahun 2019 hingga saat ini.