Profil Valerina Daniel, Moderator Debat Capres 2024 yang Cantik dan Cerdas
Valerina Daniel (Instagram @valerinadaniel)

Bagikan:

JAKARTA - Dua jurnalis TVRI, Velerina Daniel dan Ardianto Wijaya Kusuma didaulat menjadimoderator debat perdana capres-cawapres di Pilpres 2024 yang digelar Selasa, 12 Desember. Mereka memandu jalannya debat selama 120 menit di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Setelah ditayangkan langsung, warganet pun penasaran dengan sosok Velerina Daniel yang tampil cantik, anggun, dan cerdas. Valerina saat ini menjadi pembawa acara program Bahasa Inggris, TVRI World.

Valerina menamatkan pendidikan sarjana di FISIP jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Setelah mendapatkan beasiswa Australian Leadership Awards pada 2008, ia melanjutkan pendidikannya di Monash University, Australia dan lulus dengan gelar Master Bidang Komunikasi dan Media dengan predikat High Distinction (setara Cum Laude) pada 2010.

Valerina juga merupakan alumni program beasiswa pertukaran pelajar American Field Service (AFS) Intercultural Program ke Amerika Serikat.

Ini bukan pertama kalinya perempuan kelahiran 28 November 1978 itu didapuk sebagai pembawa acara dalam hajatan pemerintah. Sebelumnya, dia sempat dipercaya menjadi pembawa acara pada Peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta.

Kecerdasannya nampak sebagai seorang jurnalis yang matang. Sebelumnya, dia menjadi penyiar berita di TPI, MetroTV, antv, SCTV dan BeritaSatu. Berkat dedikasinya sebagai Duta Lingkungan dan jurnalis, Valerina mendapatkan penghargaan Indonesia Green Awards 2011 dan Australian Alumni Awards for Communications and Journalism 2011. 

Penampilan cantik dan anggun bukan lagi PR untuknya. Karena Valerina pernah menjadi None Jakarta 1999 dan bekerja sebagai model. Dia juga pernah menjadi Runner Up Puteri Indonesia dan Miss ASEAN Indonesia 2005  Sejak 2007

Tak hanya berkarir sebagai jurnalis, Velerina juga menjadi Duta Lingkungan yang bertugas sebagai Communications Adviser dalam Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim.