Mengintip Visi Misi 3 Capres di Bidang Hukum, Disampaikan di Debat Perdana
3 pasangan capres-cawapres untuk Pemilu 2024 (Foto: Antara/Galih Pradipta)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Debat perdana calon presiden 2024 akan digelar pada hari ini, Selasa, 12 Desember 2023 malam. Salah satu tema yang akan dibahas dalam debat capres perdana adalah bidang hukum. Lantas, seperti apa visi misi 3 capres di bidang hukum?

Sebagai informasi, debat perdana capres untuk Pemilu 2024 akan digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Debat akan dimulai pada pukul 19.00 WIB dan dilangsungkan selama dua jam.

Tema depat capres pertama adalah Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dana Penguatan Demokrasi. Debat akan dipandu oleh dua moderator, yakni Ardianto Wijaja dan Valerina Daniel dari TVRI.

Visi Misi 3 Capres di Bidang Hukum

Diketahui, tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah menyerahkan visi misinya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Visi misi masing-masing paslon akan disampaikan pada debat perdana capres Pemilu 2024.

Berikut isi visi misi 3 capres di bidang hukum:

1. Anies Baswedan

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) yang disokong oleh Koalisi Perubahan (Pastai NasDem, PKS, PKB) menawarkan visi Indonesia Adil Makmur untuk Semua.

Visi Anies-Cak Imim termaktub di halaman 13 yang berbunyi Indonesia Adil Makmur untuk Semua. Untuk menunjang visi tersebut, pasalon Anies-Muhaimin menawarkan 8 poin yang disebut dengan 8 Jalan Perubahan.

Misi Anies-Muhaimin terkait hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi dan penguatan demokrasi ada di poin 8. Adapun bunyinya sebagai berikut:

Memulihkan kualitas demokrasi, menegakkan hukum dan HAM, memberantas korupsi tanpa tebang pilih, serta menyelenggarakan pemerintahan yang berpihak pada rakyat”.

2. Prabowo Subianto

Sementara visi pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka yang didukung oleh Koalisi Indonesia Maju (Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat) adalah Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045.

Visi Prabowo-Gibran diwujudkan dengan 8 misi asta cita, 17 program prioritas, dan 8 program hasil terbaik cepat.

Menurut Paslon ini, Indonesia bisa mencapai cita-cita emas hanya dengan persatuan, kesatuan, dan kebersamaan.

Visi Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045 memiliki penjabarannya masing-masing.

Misi Prabowo-Gibran terkait hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi tercatat di poin nomor 7. Berikut bunyi misi tersebut:

Demokrasi terjaga melalui pemberantasan korupsi dan pemerintahan inklusif berlandaskan supremasi hukum”.

3. Ganjar Panowor

Pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengusung visi Menuju Indonesia Unggul Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari. Visi tersebut termaktub di halaman 11 dokumen visi misi Ganjar-Mahfud.

Untuk menunjang visi tersebut, paslon nomor urut 3 menawarkan 8 Gerak Cepat Ganjar Pranowo & Mahfud MD.

Misi Ganjar-Mahfud yang berkaitan dengan hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi ada di pon 7. Adapun bunyinya sebagai berikut:

Mempercepat pelaksanaan Demokrasi Substantif, Penghormatan HAM, Supremasi Hukum yang Berkeadilan dan Keamanan yang Profesional”.

Demikian informasi tentang visi misi 3 capres di bidang hukum. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.