Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan menyebut terdapat ribuan generasi muda seperti milenial dan generasi Z yang kerap menerima kekerasan, ketika kini seorang generasi milenial bisa menjadi calon wakil presiden (cawapres).

Hal ini diungkapkan Anies dalam pernyataan pembuka debat Pilpres 2024 perdana khusus ketiga capres.

"Bila kita saksikan hari ini ada satu orang milenial bisa menjadi calon wakil presiden, tetapi ada ribuan milenial, generasi Z yang peduli pada anak-anak bangsa, yang peduli pada mereka yang termarjinalkan," kata Anies di kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Desember.

"Ketika mereka mengungkapkan pendapat ketika mereka mengkritik pemerintah justru mereka sering dihadapi dengan kekerasan, dihadapi dengan benturan dan bahkan gas air mata," lanjut dia.

Anies mengklaim dirinya dan pasangan cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bakal mencegah kekerasan terhadap masyarakat, khususnya yang peduli pada kaum marjinal jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

"Kami mendedikasikan, kami memberikan komitmen bahwa dari puncak sampai ke bawah kami akan tegakkan hukum pada siapa saja, kami kembalikan marwah kehidupan bernegara yang menempatkan hukum sebagai tempat yang paling tinggi," ungkapnya.

Dalam Pilpres 2024, debat capres-cawapres digelar sebanyak 5 kali. Debat pertama, ketiga, dan kelima merupakan debat khusus capres. Sementara, debat kedua dan keempat merupakan debat khusus cawapres.

Tema debat perdana pada malam ini mengangkat tema hukum dan HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tempat debat perdana dibuat dengan desain yang dibuat melingkar layaknya tribun di stadion sepak bola. Kapasitas tempat debat model townhall ini bisa menampung hingga 800 orang.

Dalam pelaksanaannya, debat akan berlangsung selama 150 menit. Khusus sesi debat berjalan selama 120 menit, dan 30 menit sisanya tayangan iklan. Debat terbagi dalam enam segmen.

Debat Pilpres 2024 dibagi menjadi 6 segmen, yakni:

- Segmen 1: pembacaan tata tertib oleh moderator, diikuti dengan pemaparan visi-misi oleh masing-masing calon presiden.

- Segmen 2: pendalaman visi dan misi, di segmen ini panelis akan mengundi pertanyaan yang akan diawali dengan pasangan nomor 2, dilanjutkan pasangan nomor 3, dan terakhir pasangan nomor urut 1. Total, ada 18 pertanyaan yang diajukan oleh 11 panelis.

- Segmen 3: pendalaman visi misi dan program kerja, di mana capres menjawab pertanyaan yang akan diberikan oleh moderator.

- Segmen 4: para capres memberikan pertayaan kepada capres lainnya. Diawali dengan capres Anies Baswedan yang akan memberikan pertanyaan kepada Prabowo Subianto.

Segmen 5: Ini adalah segmen tanya jawab antar pasangan capres. Pada segmen ini, capres Anies akan menjadi yang pertama bertanya kepada capres Ganjar Pranowo.

Segmen 6: Ini adalah segmen penutup. Pasangan capres memberikan pernyataan penutup dan komitmen kampanye damai.