Modal Pengalaman Menteri Tenaga Kerja, Anies Yakin Cak Imin Kuasai Debat Cawapres   
Tiga cawapres/DOK ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, yakin calon wakil presidennya, Muhaimin Iskandar akan menguasai debat kedua Pilpres 2024 khusus cawapres.

"Saya sangat optimis gus imin tentunya akan bisa membagikan gagasannya, pengalamannya, visinya pada masyarakat dalam debat esok hari," kata Anies di Serang, Banten, Kamis, 21 Desember.

Tema pembicaraan pada debat kedua esok meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Menurut Anies, pengalaman sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi periode 2009-2014 menjadi bekal mumpuni bagi Cak Imin untuk mengutarakan gagasannya sesuai tema debat besok.

"Beliau kan dulu menteri tenaga kerja. Tenaga kerja itu adalah salah satu unsur terpenting dalam perekonomian. Kenapa kita mendorong investasi yang menyerap lapangan pekerjaan? Karena ingin semakin banyak warga yang mendapat lapangan pekerjaan," urai Anies.

"Gus Imin pernah menjadi menteri (terkait) perekonomian yang bidangnya tenaga kerja. Jadi bukan seseorang yang jauh dari bidang perekonomian," lanjutnya.

see_also]

- https://voi.id/berita/341296/tim-capres-cawapres-janji-tak-ada-lagi-tingkah-kompori-seperti-gibran-di-debat-sebelumnya

- https://voi.id/berita/341286/cmmi-batal-laporkan-zulhas-ke-mabes-polri-pan-ingin-polemik-kelakar-salat-disudahi

- https://voi.id/berita/341281/kpu-gibran-urutan-pertama-paparkan-visi-misi-di-debat-cawapres

- https://voi.id/berita/341274/untuk-ketiga-kalinya-firli-bahuri-tak-penuhi-panggilan-dewas-kpk

- https://voi.id/berita/341271/kampanye-di-serang-anies-tegaskan-pentingnya-perubahan

[/see_also]

 

Debat kedua pada Jumat, 22 Desember, besok digelar di Jakarta Convention Center (JCC). Acara tersebut akan dihadiri tiga cawapres masing-masing Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Berbeda dengan debat capres, di debat cawapres KPU bakal menyediakan podium. Keberadaan podium jadi tindak lanjut evaluasi yang dilakukan atas debat capres sebelumnya.

Seperti debat capres sebelumnya, durasi debat cawapres juga tak berbeda jauh yakni 150 menit. Sedangkan durasi khusus debatnya yaitu selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen.

KPU memastikan format debat cawapres tak akan berubah dari format capres yang digelar pada Selasa, 12 Desember 2023.

- Segmen 1, cawapres akan menyampaikan visi-misi dan program kerja dari masing-masing peserta.

- Segmen 2 dan 3 cawapres akan menjawab sejumlah pertanyaan yang telah disusun panelis sebelumnya, dan pertanyaan akan disampaikan oleh moderator.

- Segmen 4 dan 5 diisi oleh pertanyaan dari tiap cawapres kepada cawapres lain. Selain itu tiap cawapres juga akan diberi kesempatan menjawab pertanyaan yang diajukan.

- Segmen 6 diisi clossing statement atau pernyataan terakhir.