Persiapan Debat Ala Ganjar Pranowo: Olahraga Lari Bareng Istri
Capres Ganjar Pranowo /FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mengatakan tak memiliki persiapan khusus untuk menghadapi debat perdana capres malam ini. Ganjar mengaku hanya berolahraga dengan istrinya, Siti Atikoh.

“Insyaallah, insyaallah siap (debat, red). Tadi sudah olahraga. Lari sama istri,” kata Ganjar kepada wartawan jelang debat di Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta.

Ganjar mengaku tak ada yang istimewa saat dia berlari. Ia bersama istri hanya masuk ke kampung dan menyapa masyarakat.

Dia juga menegaskan sudah pernah ikut debat serupa saat maju di Pilkada Gubernur Jateng. Tapi, Ganjar tetap melakukan persiapan debat dengan membahas narasi yang bakal disampaikannya.

“Kemarin sudah komunikasi, ngobrol dengan tim dapat masukan dari kawan-kawan soal substansi, teknis gitu. Senanglah, insyallah, bismillah,” tegasnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengumumkan jadwal debat Pilpres 2024. Kegiatan ini akan digelar sebanyak lima kali dan akan berlangsung di Jakarta.

Ada lima tema yang dibawa tiap debat dilakukan. Pada debat perdana Selasa, 12 Desember temanya akan terkait hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi. 

Debat kedua akan digelar 22 Desember 2023 dengan mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Berikutnya, debat ketiga dilaksanakan pada 7 Januari 2024 dengan tema ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN.

Debat keempat dilaksanakan pada 21 Januari 2024, mengusung tema energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat. 

Terakhir, debat dilaksanakan pada 4 Februari 2024 dengan tema teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.