Sebelum Debat ke KPU, Anies-Cak Imin Bakal Mampir ke Rumah Pemenangan AMIN
Capres Anies Baswedan bersama Cawapres Cak Imin (@aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anied Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dijadwalkan akan mengunjungi Rumah Pemenangan AMIN di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, sebelum menuju kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk pelaksanaan debat Pilpres 2024 perdana.

Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Angga Putra Fidrian menyebut, Anies dan Cak Imin berangkat dari kediaman bersama keluarga masing-masing.

"Sebelum debat, capres dan cawapres didampingi keluarga masing-masing, akan bertemu dan menyapa masyarakat yang nonton bareng di Dipo 10 sekitar pukul 18.00 WIB," kata Angga dalam pesan singkat, Selasa, 12 Desember.

Angga menuturkan, sejauh ini Anies dan Cak Imin tak memiliki agenda lain sebelum menghadiri debat perdana khusus capres tersebut.

Setelah menyapa masyarakat, Anies-Cak Imin akan berangkat bersama dari Rumah Pemenangan AMIN menuju kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

"Capres dan cawapres naik satu mobil seperti hari penetapan (pengundian nomor urut oleh KPU)," ungkap Angga.

Lebih lanjut, Angga mengungkapkan jika pasangan capres-cawapres yang diusung Partai NasDem, PKB, dan PKS ini telah mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan materi debat.

Anies pun disebut telah banyak membaca banyak buku berkaitan dengan tema debat perdana seperti HAM, pemberantasan korupsi, hingga penguatan demokrasi untuk debat perdana.

"Capres-cawapres sudah rapat, isi materi, belajar segala macamnya. Tapi karena dua-duanya sudah punya pengalaman dalam konteks debat, persiapan yang paling penting istirahat," urai Angga.

Sebenarnya kan visi-misi berkaitan sama demokrasi, HAM, korupsi. Itu sering disebutkan sama capres-cawapres selama perjalanan kampanye ini. Jadi, nggak ada hal baru yang krusial, tinggal yang baru itu ada di sesi tanya jawab nanti.

Dalam Pilpres 2024, debat capres-cawapres digelar sebanyak 5 kali. Debat pertama, ketiga, dan kelima merupakan debat khusus capres. Sementara, debat kedua dan keempat merupakan debat khusus cawapres.

KPU menggelar debat perdana Pilpres 2024 di halaman kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Debat pada Selasa, 12 Desember dijadwalkan berlangsung mulai pukul 19.00 WIB.

KPU mempersiapkan tempat debat perdana dengan desain yang dibuat melingkar layaknya tribun di stadion sepak bola. Kapasitas tempat debat model townhall ini bisa menampung hingga 800 orang.

Dalam tiap pelaksanaan debat, kapasitas undangan untuk tim masing-masing paslon yang bisa hadir dalam debat maksimal 75 orang. Namun, jumlah undangan ini di luar capres-cawapres dan ketua umum partai pengusung beserta sekjennya.

Tema debat perdana mengangkat tema hukum dan HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Sementara, debat kedua yang digelar Jumat, 22 Desember 2023 mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024 bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Debat keempat pada Minggu, 21 Januari 2024 bertema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, energi, pangan, agraria masyarakat adat dan desa.

Selanjutnya, debat kelima atau terakhir yang digelar, Minggu, 4 Februari 2024 yang mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, SDM, dan inklusi.

Dalam pelaksanaannya, debat akan berlangsung selama 150 menit. Khusus sesi debat berjalan selama 120 menit, dan 30 menit sisanya tayangan iklan. Debat terbagi dalam enam segmen.

"Segmen pertama pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi misi dan program kerja. Segmen kedua dan ketiga pendalaman visi misi dan program kerja. Di sana akan ada pertanyaan dan interaksi di antara pasangan calon dengan pasangan calon yang lain," urai Komisioner KPU RI August Mellaz.

"Segmen keempat dan kelima tanya jawab dan tanggapan. Di sana akan ada proses interaksi, tanggapan, lontaran pertanyaan dari pasangan calon dan direspons oleh pasangan calon yang lain. Segmen yang keenam penutup," tambah August.