Jadwal Debat Capres-Cawapres Belum Dirilis KPU, Timnas AMIN: Jangan Sampai Tak Siap di Pilpres 2024
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan di lokasi kampanye perdana di Jalan Perjuangan Raya, Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara, Jakarta, Selasa (28/11/2023). (ANTARA/Donny Aditra)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Pemenangan Anies-Cak Imin (AMIN) mempertanyakan kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyukseskan seluruh tahapan Pilpres 2024. Pasalnya, hingga saat ini jadwal debat calon presiden dan calon wakil presiden, belum juga dirilis.

"Ini ada apa KPU sampai sekarang belum umumkan jadwal debat, padahal kan sudah memasuki tahapan kampanye. Jangan sampai mereka memang tidak siap untuk menyukseskan Pilpres 2024," ujar Juru Bicara Timnas Pemenangan AMIN Muhammad Ramli Rahim di Jakarta, Selasa, 28 November.

Belum dirilisnya jadwal debat capres dan cawapres dapat merugikan kontestan yang tentu harus memiliki persiapan sebelum mengikuti debat. "Jangan sampai kemudian ini merugikan untuk pasangan calon, karena perlu ada persiapan serius dari pasangan capres-cawapres," sesalnya.

Selain itu, ia juga khawatir potensi kecurangan bisa saja timbul jika jadwal belum juga dirilis.

"Jangan sampai belum rilis jadwal debat, menguntungkan pihak-pihak tertentu, ini kan kita tidak tahu, potensi kecurangan bisa timbul dari mana saja," tukasnya.

Diketahui sampai saat ini KPU masih mematangkan persiapan untuk pelaksanaan debat. Sejauh ini, baru terkait sejumlah teknis penyelenggaraan yang disampaikan.

Misalnya, KPU baru menyampaikan aakan menggelar debat sebanyak lima kali. Kemudian untuk tempat, selain di Jakarta, empat lainnya masih sedang dalam pembahasan.