Apa Itu Chicken Mindset: Berikut Penjelasan Beserta Solusinya
Apa Itu Chicken Mindset (Gambar 胡 卓亨-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tidak ada orang yang ingin hidup melarat dan gagal. Tentunya kebanyakan orang berjuang keras agar bisa sukses. Namun pernahkah kalian mendengar istilah apa itu chicken mindset?

Tidak salah memang, tiap orang pasti mau menggapai kesuksesan serta tidak ada yang mau hadapi kegagalan. Kesuksesan ialah suatu yang relatif, tetapi kegagalan merupakan suatu yang absolut.

Apa Itu Chicken Mindset

Tetapi dari kegagalan tersebut, kalian butuh bangkit serta jangan memiliki chicken mindset. Pasalnya Chicken mindset di sini maksudnya, orang yang beranggapan mau menjadi sukses, tetapi dia tidak ingin mengerahkan seluruh upayanya dengan baik. Artinya, lebih banyak mengeluh serta takutnya dari pada mau berupaya ataupun bertindak.

Pola pikir seorang pastinya berbeda, tetapi terdapat sebagian aspek yang seragam dalam pikiran orang-orang sukses serta tentu bukan chicken mindset ya. Berikut pola pikir orang-orang berhasil:

Agar Tidak Terjebak Chicken Mindset

1. Mempunyai Visi Ataupun Tujuan yang Jelas

Sebagian besar orang bila ditanya apa yang di idamkan dalam hidup ini serta kenapa mereka ingin bekerja dengan sangat keras? Buat yang memiliki chicken mindset tidak bakal otomatis memberikan alasan. Mereka bakal berpikir dulu baru menanggapi, serta umumnya jawabannya juga klasik semacam “Buat penuhi kebutuhan hidup.”

Tetapi berbeda dengan orang berhasil yang memiliki positive mindset, mereka bakal membagikan jawaban yang jelas dan khusus, serta bakal menarangkan tanpa henti serta tanpa berpikir sangat lama.

2. Mempunyai Tanggung Jawab yang Besar

Untuk orang yang memiliki chicken mindset, umumnya cenderung membebani orang lain serta menyalahkan diri sendiri sebab kesalahannya. Sebaliknya orang sukses bakal mengambil seluruh tanggung jawab yang mereka rasa dapat dilaksanakan. Dalam tiap tanggung jawab yang diambil pasti terdapat efek yang terjadi.

Orang sukses bakal lebih kerap belajar buat menanggulangi tiap permasalahan yang tiba. Dalam pikirannya senantiasa menanamkan perkataan semacam ini, “Aku yang mengendalikan diri sendiri serta aku pula yang mewujudkannya bila hal yang dilakukan tidak terjalin dengan sendirinya.” Jadi, tetap berpikiran positif serta optimis.

3. Mau Bertumbuh serta Berkembang

Kala seluruh orang khawatir kehabisan apa yang dia miliki, maka kebalikannya orang sukses bakal berpikir berbeda. Mereka malah berpikir, mendapatkan sesuatu lebih banyak buat dirinya sendiri. Nah, inilah salah satu alasan kenapa orang kaya bakal jadi terus menjadi kaya yaitu sebab mereka fokus dengan perkembangan mereka sendiri.

Tidak hanya itu pula ingin tumbuh serta tidak stuck di satu tempat saja. Yang memiliki chicken mindset cenderung bakal khawatir buat berumbuh serta berkembang, sebab mikirnya bakal rugi jika harus berinvestasi misalnya, serta senantiasa merasa sudah cukup akan pencapaiannya.

4. Menghormati Diri Sendiri

Orang berhasil itu senantiasa membuat komitmen yang dominan kepada diri sendiri dari pada orang lain. Ini merupakan salah satu perihal yang berkaitan dengan menjajaki segala yang kalian katakan, itu bakal membuat kalian bisa diandalkan. Beda dengan yang memiliki chicken mindset, mayoritas dia membuat komitmen dengan menipu diri sendiri.

5. Jadi Seorang yang Positif serta Mau Mencoba

Inilah aspek terbesar dalam pemikiran/mindset yang wajib dipunyai oleh orang berhasil. Bila kalian mengalami kegagalan, maka wajib mempunyai keahlian buat bangkit lagi serta terus mau mencobanya hingga sukses. Untuk yang memiliki chicken mindset cenderung pesimis serta beranggapan negatif yang hasilnya tidak bakal memjadikan sesuatu jadi lebih baik, apalagi dapat jadi lebih terpuruk. Dalam pemikiran orang berhasil, hidup mereka bakal lebih baik bila terus berpikir positif serta bahagia.

Jadi setelah mengetahui apa itu chicken mindset, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!