Profil Ardianto Wijaya, Moderator Debat Capres yang Pecahkan Rekor sebagai Anchor Termuda di Usia 18 Tahun
Ardianto Wijaya Kusuma (Instagram @ardiantowijayak)

Bagikan:

JAKARTA - Debat perdana capres-cawapres di Pilpres 2024 baru saja dilaksanakan pada Selasa, 12 Desember kemarin. Di mana acara ini berlangsung di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, debat ini melibatkan moderator sebagai sosok yang memastikan acara debat dapat berjalan dengan baik. Nama Ardianto Wijaya Kusuma keluar sebagai orang yang dipercaya untuk menjadi moderator di tahun ini.

Siapakah sosok Ardianto Wijaya Kusuma ini? Ardianto merupakan mahasiswa lulusan D3 Universitas Padjajaran Bandung di jurusan Broadcasting di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) angkatan tahun 2011.

Semasa kuliah, Ardianto pernah menyandang status sebagai Putra Padjajaran dalam pemilihan Putra Putri Padjajaran pada tahun 2013.

Ketika masih duduk di bangku sekolah, Jaya panggilan akrabnya sering mencetak prestasi. Seperti menjadi 3 besar audisi DJ Remaja Banyuwangi, tergabung dalam Paskibra Kabupaten Banyuwangi, menjadi Duta HIV/AIDS Eks-kerisidenan Besuki (Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi).

Tidak main-main, Ardianto diketahui pernah dinobatkan sebagai sosok anchor termuda yang dikirim untuk siaean di TVRI Nasional di usianya yang baru menginjak 18 tahun. Diketahui hal ini menjadi pemecahan rekor di dunia news anchor.

Selanjutnya, Ardianto mengawali karirnya sebagai seorang news anchor di stasiun televisi TVRI Jawa Barat sejak 2012. Kemudian, ia dipercaya untuk menjadi news anchor di TVRI nasional tahun 2017.

Ia juga sempat berkarier sebagai Radio Broadcaster di Mandala Radio pada tahun 2005 hingga 2011.