Cari Rumah Murah Ternyata Tidak Mudah, Perhatikan 6 Hal ini sebelum <i>Deal</i>
Ilustrasi hendak masuk rumah (Pexels/Kelly Lacy)

Bagikan:

JAKARTA – Rumah merupakan tempat paling nyaman, baik untuk beristirahat, bercengkerama dengan keluarga serta orang tercinta hingga investasi jangka panjang. Namun ternyata, mencari rumah murah sesuai dengan budget yang Anda rencanakan ternyata tidak mudah.

Sebelum menyimak tips dari VOI, yuk telisik lebih jauh arti rumah agar lebih jeli dalam memilih. Rumah adalah tempat menorehkan kenangan.

Tentu berbeda dengan kenangan yang tertorehkan ketika Anda menginap di hotel atau resort. Rumah tidak sekadar bangunan, tetapi rumah juga bangunan monumental yang bermakna dalam hidup.

Seperti halnya Monas di Jakarta, Tugu di Jogja, Garuda Wisnu Kencana di Bali, dan Tugu Tentara Pelajar di Makassar. Rumah adalah monumen bagi Anda bersama keluarga, tentu saja. Lantas, apa artinya harga dari sebuah rumah?

Harga murah maupun mahal hanyalah satu penanda. Makna yang sesungguhnya berada pada bagaimana cara ‘menghidupkan’ suasana di dalamnya. Nah, jika Anda mencari rumah murah tentu tidak mudah. Ketika sudah mengincar satu lokasi, perhatikan 7 hal di bawah ini sebelum deal.

Memperhatikan kondisi lingkungan

Membeli rumah tentu membutuhkan rencana jangka panjang. Tidak mungkin ‘kan tinggal di rumah hanya selama satu bulan seperti tinggal di kos-kosan?

Maka, perhatikan kondisi lingkungan sebelum deal membeli rumah yang Anda impikan. Cek bagaimana ketersediaan air, kondisi tanah, lingkungan alam, dan lingkungan sosial. Jika dekat dengan sebuah produsen produk tertentu, cermati ada atau tidaknya limbah yang tidak terolah.

Sebab, rumah dengan lingkungan sehat serta ketersediaan sumber daya alam mencukupi dapat bernilai investasi jangka panjang. Selain itu, semakin baik lingkungannya semakin sedikit biaya maintenance beberapa tahun ke depan.

Sesuaikan budget

Over budget tentu akan memberatkan pengelolaan finansial Anda dan keluarga. Kecuali, Anda mendadak menjadi miliarder. Artinya dengan segala kebijakan dalam manajemen keuangan keluarga, Anda perlu menyesuaikan harga bersih rumah, tanah, sekaligus administrasi balik nama, pajak hingga keperluan notaris.

Cek spesifikasi rumah

Sebelum memutuskan, tentu Anda butuh kelengkapan informasi tentang spesifikasi rumah. Mulai dari luas tanah, luas bangunan, material bangunan, dinding, lantai, atap, kenyamanan kamar mandi, fasilitas dapur, pencahayaan hingga sirkulasi udara.

Periksa reputasi developer atau pemilik rumah sebelumnya

Tentu ini jadi sangat amat penting, sebab semakin baik reputasi developer atau pemilik rumah sebelumnya semakin kecil risiko di belakang hari.

Biaya booking fee

Setelah jatuh hati pada satu rumah yang menurut Anda murah, hati-hati saat transaksi biaya booking fee. Anda perlu membuat surat perjanjian pada pihak tersebut.

Perhatikan kelengkapan dan keabsahan surat-surat

Ini sama pentingnya dengan mengidentifikasi lingkungan. Selain dibutuhkan lokasi yang nyaman, Anda juga perlu memastikan kelengkapan dan keabsahan surat-surat. Mulai dari sertifikat tanah, pembayan pajak sampai surat perjanjian jual beli sah ditanda-tangani oleh minimal tiga saksi.

Sudah memilih lokasi mana yang paling nyaman untuk ‘rumah’ yang sesungguhnya? Pertimbangkan tujuh hal di atas sebelum deal untuk bertransaksi membeli rumah, ya.