Kampung Miliarder di Tuban, Borong Ratusan Mobil dari Duit Miliaran Kilang Minyak Pertamina
ILUSTRASI/DOK. ANTARA

Bagikan:

TUBAN - Pembebasan lahan untuk proyek pembangunan kilang minyak di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, seluas 21.410 meter persegi bikin warga mendadak jadi miliarder. Warga Sumurgeneng Tuban mendapat ganti rugi dari pembebasan lahan itu dengan kisaran miliaran rupiah.

"Ada warga yang mendapat ganti rugi sampai Rp26 miliar, ada juga yang mendapat Rp9 miliar. Tergantung seberapa luas lahan yang diganti rugi," kata Kepala Desa Sumurgeneng, Gihanto, Rabu, 17 Februari.

Gihanto mengatakan, warga yang membeli mobil secara bersama-sama itu berasal dari kelompok warga, hasil dari uang pembebasan lahan. Warga setempat menjual lahannya kepada kilang minyak proyek Pertamina, Grass Root Refinery (GRR) tahun 2020.

Menurut dia, warga setempat menerima pembayaran Rp600-800 ribu per meter. Sementara jumlah warga terdampak mencapai 280 jiwa. Mereka menyepakati lahan miliknya dijual untuk proyek nasional. 

Menurut Gihanto, jumlah mobil yang diborong warganya sebanyak 176 unit. "Video kemarin yang beredar baru 17 mobil baru, satu rumah ada yang beli dua sampai tiga mobil baru," katanya.

Setelah viral, lanjut Gihanto, Desa Sumurgeneng akhirnya dilabeli sebagai kampung miliarder baru di Tuban. Pasalnya dari pembebasan lahan untuk kilang minyak, masyarakat setempat menjadi kaya mendadak. "Kita tidak menyangka karena memang dulunya warga sini petani tulen, dan ternyata ada pembebasan untuk lahan setelah dinilai appraisal banyak milik warga Sumurgeneng," ujarnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi sudah lama mengetahui potensi minyak di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Bahkan, Jokowi sempat berkujung ke Sumurgeneng pada 2015.

Namun, mayoritas warga desa Sumurgeneng berprofesi sebagai petani. Pasalnya, lebih dari separuh luas desa yang mencapai 70 km persegi, merupakan lahan pertanian. Bahkan sawah terbilang menjadi sumber kehidupan warga desa selama turun temurun, dengan komoditi pertanian berupa padi, kacang, sayur mayur hingga singkong.