Euforia Warga Jakarta Memburu Pernak-pernik Bendera Merah Putih di Pasar Mester Jatinegera
Antusias warga membeli bendera merah putih di Pasar Mester Jatinegara/ Foto; Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Memasuki bulan Agustus, sejumlah pedagang bendera Merah Putih, umbul-umbul dan pernik atribut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) atau hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang mulai dibanjiri pembeli dari berbagai daerah.

Sejumlah warga mulai berbelanja atribut perayaan hari Kemerdekaan RI di Pasar Mester Jatinegara, Jakarta Timur, karena harga yang dijual relatif murah.

"Datang belanja ke sini sudah langganan setiap tahun. Karena harga jauh lebih rumah," kata Mia kepada wartawan, Minggu, 6 Agustus.

Dirinya membeli berbagai pernak pernik untuk perayaan hari Kemerdekaan 17 Agustus.

"Cari lampion, bendera, balon bendera, dan umbul umbul. Sekalian belanja untuk lomba anak - anak, cari bendera," ucapnya.

Mia mengatakan, dirinya sengaja membeli di kawasan Pasar Mester Jatinegara karena harganya jauh lebih murah dibanding pedagang yang berkeliling di kompleknya.

"Di pedagang keliling di komplek harganya 200ribu, disini hanya 20 ribu. Saya belanja sekalian banyak," katanya.

Sementara harga bendera Merah Putih dijual mulai Rp15-50 ribu sesuai ukuran dan bahan. Sedangkan untuk harga umbul - umbul dijual seharga Rp15-35 ribu. Namun, para pedagang mengaku belum ada lonjakan jumlah pembeli meskipun sudah banyak pembeli yang berbelanja pada tanggal 1 Agustus, lalu.

Rizal, salah satu pedagang atribut perayaan HUT RI, sampai saat ini belum ada lonjakan pembeli.

"Mudah-mudahan ada lonjakan pembeli, ini baru tanggal 1 Agustus. Biasanya lonjakan pembeli terjadi pada tanggal 5 sampai tanggal 10 Agustus. Tapi persentase lonjakan kita belum tau. Kita menjual grosir dan eceran disini," singkatnya.