Kaleidoskop 2023: 6 Makanan yang Viral Sepanjang Tahun, Pernah Coba yang Mana?
Ilustrasi (Alina Matveycheva/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tak terasa, penghujung 2023 sudah di depan mata. Sebentar lagi, riuh terompet menyongsong tahun baru mulai terdengar. Banyak hal yang sempat jadi tren sepanjang 2023. Dunia kuliner tak ketinggalan memberi sumbangsihnya dengan ragam hal menarik. 

Penasaran apa saja makanan kekinian yang viral di 2023? Berikut VOI rangkum dalam kaleidoskop lima jenis makanan kekinian laris manis sepanjang tahun.

Roll-ups Candy

Makanan viral pertama di 2023 ada permen roll-ups. Fruit Roll-Ups adalah merek makanan ringan yang memulai debutnya di toko kelontong di seluruh Amerika pada 1983. I

ni adalah cemilan rasa buah berbahan dasar sirup jagung, berbentuk pipih, dan bertekstur padat serta lengket. Untuk mengurangi tekstur lengketnya jika dimakan sendiri. Para food vlogger mengonsumsi permen roll-ups dengan es krim sebab teksturnya akan berubah jadi keras.

Daifuku Mochi

Daifuku merupakan kue tradisional khas Jepang yang terbuat dari pasta kacang merah yang dibalut dengan mochi. Makanan ini lalu ditaburi dengan tepung yang bisa dimakan seperti menggunakan tepung kue beras atau tepung jagung.

Tak seperti mochi pada umumnya, yang biasa berisi ice cream, daifuku mochi yang viral di media sosial ini tampak memiliki isian yang berbeda. Daifuku mochi tampak lebih tebal dan besar. Isiannya juga tidak hanya pasta kacang merah tapi ditambah dengan buah strawberry utuh.

Seblak Rafael

Seblak memang sudah dikenal sebagai camilan pedas yang menggoda lidah, tapi adanya variasi baru bernama Seblak Rafael yang dibuat oleh Rafael Tan ternyata berhasil mencuri perhatian pengguna TikTok. Tampil dengan cita rasa yang lebih gurih dan pedas, membuatnya jadi makanan favorit yang selalu ditunggu-tunggu.

Pernah di suatu masa, karena saking viralnya makanan ini, kerupuk yang digunakan untuk membuat seblak selalu habis di pasaran.

Ikan Shisamo

Ikan Shisamo menjadi salah satu makanan yang viral di 2023. Ini bermula ketika Putra dari Raffi Ahmad, Rayyanza Malik Ahmad sangat suka dengan ikan itu. Awalnya netizen mengira yang dimakan Rayyanza adalah ikan asin. Setelah tahu, ikan shisamo pun menjadi viral dan banyak dicari orang.

Ikan shisamo atau yang dikenal juga ikan capelin ini bisa dimakan mulai dari kepala hingga bagian ekor. Ikan ini hanya memiliki duri di bagian tengah. Uniknya lagi, ikan yang betina memiliki telur yang banyak.

Bluder Cokro

Roti bluder cokro merupakan salah satu oleh-oleh khas yang berasal dari Madiun. Cemilan viral ini terdiri dari beberapa rasa yaitu original, cokelat, kismis, keju, coklat keju, keju lumer, kacang, coklat kacang, tiramisu, klepon, kopi, green tea, taro, klepon, abon sapi, dan nutella. Bluder cokro paling nikmat disantap dengan mencelupkannya ke dalam segelas susu.

Cromboloni

Cromboloni merupakan perpaduan antara croissant dan bomboloni. Nama terakhir merupakan donat berbentuk bulat yang tanpa lubang yang diberikan filling di dalamnya.

Cromboloni memiliki tampilan gemuk yang tampak sangat renyah di luar seperti croissant. Pastry ini juga memiliki isian yang lumer saat disantap layaknya donat bomboloni.