Mari Buat Kopi Ala <i>Coffee Shop</i> di Rumahmu Sendiri
Ilustrasi foto (rahulsankraft/Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Kopi kekinian ala coffee shop sedang naik daun. Awal mulanya, pada akhir 2017 lalu ada satu toko kopi kekinian yang didatangi oleh Presiden Joko WIdodo. Dari situlah kopi kekinian jadi banyak peminat. Beberapa orang turut mengambil peluang bisnis tersebut dan ternyata memang laris.

Seringkali orang yang membeli kopi kekinian karena harganya yang lebih murah dibanding kopi yang di jual di kafe. Biasanya, mereka menggunakan jasa aplikasi pengantar makanan lewat ponsel mereka. Tapi, tahu tidak? Ternyata kita bisa membuat kopi ala kekinian sendiri di rumah. 

Pertama, siapkan bahan-bahan seperti kopi, gula aren, susu segar (fresh milk), susu evaporasi atau krimer cair air, dan es batu. Untuk satu gelas kopi kekinian, dibutuhkan 15 gram kopi kemasan yang tidak memiliki ampas. Harus kopi murni, tanpa campuran apapun. 

Pembuatan kopi ini tak bisa hanya diseduh dengan air panas. Mengingat, kopi yang digunakan adalah dengan pengolahan espresso. Espresso adalah ekstrak biji kopi yang biasanya digiling menggunakan mesin bertekanan tinggi dan air yang panas. 

Kemudian, rebus kopi menggunakan air dengan perbandingan 2:1 hingga mendidih. Jika kopinya 15 gram, brarti air yang dibutuhkan sebanyak 30 mililiter air. Cara seperti ini bisa membuat aroma kopi tetap terjaga. Mengingat tak ada mesin kopi di rumah, itulah alasan kopi harus direbus. 

Selanjutnya, siapkan 5 gram gula aren yang sudah dicairkan dengan 5 mililiter air. Kunci dari kopi susu kekinian adalah gula aren. Jadi, bahan pemanis ini tidak bisa diganti dengan gula pasir.

Lalu, siapkan gelas berisi es batu. Tuangkan 200 mililiter susu segar, gula aren yang dicairkan, dan 20 mililiter susu evaporasi. 

Susu evaporasi tak bisa diganti dengan susu kental manis karena jenisnya berbeda. Susu evaporasi adalah susu sapi yang 60 persen kadar airnya dihilangkan dari susu segar. 

Langkah terakhir, campur kopi yang telah direbus ke dalam gelas. Susu kekinian yang manis, creamy, dan tak terlalu pahit siap dinikmati.